Warga Muaradua Keluhkan Sampah Menumpuk di Jalan Provinsi

WARTAREPUBLIKA.COM, OKU SELATAN– Akibat banyaknya tumpukan sampah yang berada tepat di  sisi tepi jalan Propinsi tepatnya yang masuk di kelurahan kisau kecamatan Muaradua sangat di keluhakan baik warga setempat ataupun  para pengendara yang melintas jalan tersebut, seperti yang terpantau portal ini,  Senin (08/07/2019).

Apa lagi mengingat akibat banyaknya sampah yang sepertinya tak pernah di angkut tersebut selain menimbaulakn bau yang kurang sedap serta juga merusak pemandangan apa lagi mengingat keberadanya tepat berada di pintu gerbang menuju ke Ibu Kota Kabupaten

Maka dari itulah dengan kondisi tersebut sangat di keluhkan baik oleh warga setempat ataupun  pengendara yang sering melintasi jalan tersebut.

Atas dasar itulah mereka meminta  kepada intansi terkait agar kiranya bisa untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut dengan cara di angkut ke Tempat pembungan Sampah Ahir (TPA). Dan bisa menyedikan kotak sampah agar baik warga setempat ataupun dari luar tidak lagi membuang secara sembarangan

Keluhan tersebut seperti yang di ungkapakan oleh Riswan salah seorang pengendara yang kebetulan melintas, dirinya mengatakan dengan adanya  keberadaan sampah-sampah tersebut selain menimbulkan bau yang kurang sedap juga bisa merusak pemandangan.

“ Banyaknya tumpukan sampah ini jelas sekali mengganggu karna selain menimbulkan bau yang kurang enak juga merusak pemandangan apa lagi  mengingat lokasinya tepat berada di pinggir jalan raya serta juga tidak jauh dari ibu kota Kabupaten. Selain itu juga bisamencemari lingkungan apa lagi mengingat di sisi bawah tumpukan sampah tersebut mengalir sungai selabung yang mana sungai tersebut  menjadi andalan warga di hilir untuk keperluan mandi, cuci dan lain sebaginya. Sehingga apa bila tidak secepatnya di bersihkan bisa membuat sungai selabung ini akan tercemar sehingga bisa membayakan kesehatan masyarakat,” terangnya.

Atas dasar itulah dalam kesempatan ini dirinya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Oku Selatan melalui instansi terkait agar kiranya untuk bisa  membersihkan dan mengangkut sampah tersebu. Yang mana apa bila di biarkan terus menerus sehingga sudah di pastikan tumpukan sampah di tempat tersebut akan semakin banyak, “ Apa bila tidak di bersihkan dan di angkut secepatnya  maka sudah bisa di pastikan setiap harinya sampah-sampah ini akan bertambah. Maka dari itulah dalam kesempatan ini kami meminta kepada intansi terkait hendaknya bisa membersihkan sampah tersebut, “ saranya.

 Sementara itu Ida warga setempat mengatakan bahwasanya warga setempat  sangat mengeluhkan dengan kondisi tersebut. Yang mana katanya akibat tumpukan sampah tersebut selain menimbulkan bau yang kurang sedap juga mengundang banyakny lalat,” Makanya kami meminta kepada  Pemerintah hendaknya bisa menyediakan tong sampah, sehingga warga ataupun masyarakat dari luar tidak membuang sampah secara sembarangan lagi, dan apa bila sudah ada tong sampah masih saja yang buang sembarangan bisa di berikan sangsi guna memberikan epek jera,” katanya. (OS. 01)