Warga Binaan Rutan Martapura Dapatkan Remisi Kemerdekaan RI

wartarepublika.com, OKU Timur – Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Martapura OKU Timur, mengungkapkan dalam memperingati HUT RI ke-73, sebanyak 197 narapidana atau warga binaan lapas akan diberi remisi, dan 5 diantaranya akan menghirup udara segar.

Bupati Oku timur, HM Kholid Mawardi memberikan remisi langsung kepada narapidana, yang dihadiri Kejari OKU Timur, Ismaya Hera Wardhani SH.M.Hum beserta kepala OPD Kab. OKU Timur dan Instansi terkait pada hari jum’at (17/8/2018), sekiranya pukul 15.00 Wib, di halaman Rutan Martapura.

Dalam sambutannya, Bupati OKU Timur Kholid mengatakan, “untuk kedepanya narapidana yang saat ini menerima remisi umum 2 yaitu bebas semoga terus memperbaiki diri supaya diterima dilingkungan masyarakat dan keluarga, “ucapnya.

Baca Juga :
11 Serdik Sespimmen Polri Dikreg RI, Lakukan KKL di Pemkab OKU Timur

Pesan Bupati OKU Timur kepada narapidana yang mendapat remisi semoga bebas tidak kembali lagi kerutan ini dan semoga dapat memperbaiki diri, “setiap manusia tentunya pernah melakukan kesalahan, namun jadikan ini pelajaran, memang setiap kejahatan yang kalian lakukan pasti ada faktor yang memengaruhi, untuk itu saya ingatkan jangan kembali lagi kesini, ” Tambahnya.

Royhan Faisal, Kepala Rutan Martapura menyampaikan” dasar pemberian remisi sudah sesuai dan tercantum dalam Ke-Presidenan No – 174 Tahun 1999 mengenai pemberian remisi dan hak asasi manusia, dan undang-undang no 12 th 1945, tentang permasyarakatan.

Baca Juga :
Bupati Oku Timur Tinjau Lokasi Pembanguna Masjid Raya

“Pemberian remisi merupakan instrumen yang dapat merubah prilaku narapidana untuk berprilaku baik selama menjalani pembinaan, sebab remisi hanya akan diberikan terhadap narapidana yang berkelakuan baik, mereka yang tidak menaati peraturan tata tertib tidak mendapatkan remisi,” Jelasnya.

“Pemberian remisi dapat mengurangi tingkat hunian lapas cabang Rutan Martapura yang semakin tinggi, karna remisi dapat mempercepat narapidana untuk keluar dari lapas,” Tambahnya. (my)