Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Mulai Dilaksanakan di OKU Timur

OKU Timur, WR — Untuk terus menekan penyebaran covid-19, Anak-anak usia enam hingga sebelas tahun di Kabupaten OKU Timur mulai hari ini akan mendapatkan vaksinasi covid-19 secara gratis. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zainal Abidin,  S.Sit., M.M., kepada wartarepublika.com melalui kontak handphone, Jum’at (07/01/2021).

Zainal menjelaskan, untuk tahap awal Dinas Kesehatan OKU Timur telah menyiapkan lebih dari 30 ribu dosis vaksin covid-19 yang telah disebar diseluruh puskesmas di Kabupaten OKU Timur dan jumlah dosis vaksin tersebut akan terus ditambah hingga kebutuhan akan vaksin tersebut terpenuhi sepenuhnya.

“Untuk pelaksanaan vaksin tahap awal ini kami menggunakan vaksin sinovac, vaksinnya sama seperti yang diberikan kepada orang dewasa hanya saja dosis yang diberikan kepada anak hanya 0,5 ml,” jelasnya.

Untuk tekhnis pelaksanaan vaksinasi anak ini Zainal menerangkan, Tim medis didampingi anggota POLRI akan datang kesekolah tingkat dasar yang ada di OKU Timur untuk melaksanakan vaksinasi terhadap anak disekolah masing masing.

Baca Juga :   Dinkes OKU Timur Adakan Workshop Penerapan SIKDA Generik

“Kami bersama Polri yang akan datang kesekolah sekolah untuk melaksanakan vaksin ini. Demi kenyamanan, anggota Polri yang mendampingi akan memakai baju batik agar anak-anak tidak takut,” terangnya.

Kadinkes OKU Timur menegaskan bahwa vaksinasi anak usia 6-11 tahun merupakan langkah positif dari pemerintah dalam rangka melindungi anak dari Covid-19. Selain itu, untuk meningkatkan rasa percaya diri orang tua ketika anak akan memulai pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Jadi yang penting kita harus dukung vaksinasi anak 6-11 tahun ini. Karena ini terutama untuk meningkatkan percaya diri orang tua untuk menyekolahkan anaknya sehingga tidak khawatir lagi karena sudah terlindungi oleh vaksin Covid-19,” tuturnya.

Penyuntikan vaksin kepada anak usia 6-11 tahun dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi.

Baca Juga :   Ribuan Masa Tertusuk Jarum di Polsek Martapura

Adapun pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun didasari telah terbitnya rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunizational/ ITAGI) perihal kajian vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun dan sudah adanya Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM untuk penggunaan vaksin Sinovac bagi anak usia 6-11 tahun.

“Vaksin ini sudah mendapatkan status EUA dari BPOM dan BPOM sudah mengkaji sudah sangat lama. Bahkan izin ini sudah dikeluarkan BPOM jauh-jauh hari, jadi insya Allah aman,” tandas Zainal. (Jeff)