Tujuh Sekolah Dapat Adiwiyata, DLH OKU Timur Juga Targetkan Raih Piala Adipura ke Sembilan

OKU Timur, WR — Tujuh sekolah di Kabupaten OKU Timur mendapatkan penghargaan sekolah adiwiyata tingkat provinsi Sumatera Selatan.

Penghargaan diberikan  langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan prov sumsel yang di wakili langsung oleh seksi perundang undangan dan peran serta masyarakat Bela Agusnaini, Jumat (22/10/2021) di kantor Dinas Lingkungan Hidup OKU Timur.

Bupati OKU Timur H Lanosin ST melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Timur  Fauzie Bakri mengatakan ada 7 sekolah yang mendapatkan penghargaan adiwiyata dari 8 sekolah yang di usulkan.

“Penerima penghargaan dalam bentuk tropiy ini di tingkat provinsi dan kedepan akan diusulkan ikut di tingkat nasional setelah itu mandiri. Penghargaan ini diberikan dalam rangka hari lingkungan hidup yang semestinya di lakukan penyerahannya di palembang,” ujarnya.

Fauzie menargetkan dari 7 pemenang ini bisa masuk ke katagori mandiri dan justru persaingan cukup ketat di harapkan ada perwakilan Kabupaten OKU Timur.

Baca Juga :
PNS OKU Timur, Belum 10 Tahun Tugas Tidak Bisa Mutasi

Selain pemberian penghargaan adiwiyata Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Provinsi Sumatera Selatan juga memberikan trophy dan uang pembinaan dari Gubernur Sumatera selatan H herman Deru kepada penang lomba puisi, melukis lingkungan hidup, fashion show lb3 tingkat SD, SMP dan SMA.

Fauzie menegaskan, DLH OKU Timur juga menargetkan kembali akan mendapatkan  piala adipura yang ke sembilan.

“Kemarin terkendala pandemi covid 19 sehingga tidak bisa di laksanakan penilaian adipura. Saat ini semua persyaratan untuk memperoleh piala adipura sudah terpenuhi,” tegasnya.

Sementara itu Kasi perudang undangan dan peran serta masyarakat Dela Agusnaini mengatakan untuk memperoleh adiwiyata yang merupakan penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang di berikan kepada sekolah yang telah  melaksanakan gerakan PBLHS.

Dela mengatakan PBLHS yaitu Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.

Baca Juga :
Resmikan Kampung Patin, Enos Berharap Pertanian dan Perikanan di OKU Timur Terus Berkembang

“Apa bila sekolah tersebut telah melaksanakan kriteria  PBLHS dan memenuhi katagori  dan mendapat nilai 80  dari 100 oersen maka layak mendapatkan adiwiyata tingkat provinsi. Setelah mendapatkan adiwiyata berikutnya mereka boleh mengusulkan sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional,” paparnya. 

Sementara itu Teguh kepala sekolag SD Negeri Sumber Jaya Kecamatan Belitang 2 memgatakan gembira jika SD Nya mendapatkan Tropy penghargaan  Adiwiyata ini.

Teguh mengatakan sekolahnya termasuk sekolah hijau, dan penataanya rapi sehingga dapat menjadi contoh bagi sekolah lain yang tidak memilihi halaman yang luas.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, ketujuh sekolah yang mendapatkan Adiwiyata yaitu  SD Negeri 1 Margodadi, SD Negeri Sumber Jaya, SD Negeri 2 Srimulyo, SMP Negeri 1 Madang Suku II, SMP Negeri, SMA Negri 1  Semendawai Suku III, SMA Negeri 3 Martapura dan SMA Negeri 1 Belitang. (Riva)