Tiga Pencuri Kerbau Ditangkap Polisi

OKU Timur, Wartarepublika.com – Polsek Semendawai Suku III, berhasil meringkus para pelaku pencuri hewan ternak (Kerbau) di Perkebunan tebu PT. LPI Desa Cahaya Negeri Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten OKU Timur. 

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya, SH. SIK didampingi Kapolsek Semendawai Suku III IPTU Johan Syafri melalui Kasubbag Humas IPTU Yuli mengatakan bahwa benar telah terjadi pencurian hewan ternak Kerbau di perkebunan  tebu PT. LPI Desa Cahaya Negeri Kecamatan Semendawai Suku III berdasarkan LP- B / 05 / IIl / 2020 / SUMSEL / OKUT / Sek SS III. Tanggal 17 MARET 2020. 

IPTU Yuli menceritakan kejadian tersebut berawal pada hari Selasa tanggal 03 Maret 2020, saat korban Dulroni (58) warga Desa Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur, meninggalkan 4 ekor hewan Kerbau miliknya di kolam belakang rumahnya, tiba-tiba empat kerbau tersebut lepas dari ikatannya,

Korban berusaha mencari disekitar perkebunan karet di Desa Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur dan telah di temukan dua ekor kerbau miliknya berhasil ditangkap kembali, kemudian korban terus mencari dua ekor nya lagi sampai ke perkebunan tebu PT. LPI.

Beberapa hari kemudian korban mendapat informasi dari warga, kalau salah satu ekor kerbau miliknya yang hilang itu telah dipotong oleh warga Desa Meluai Indah Kecamatan Semendawai Barat, atas kejadian itu korban merasa dirugikan dan segera melaporkan kejadian ke Polsek Semendawai Suku lll.

Pada hari Senin 16 Maret 2020, Kapolsek Semendawai Suku III IPTU Johan Syafri memerintahkan Kanit Reskrim IPDA  Wilson Hutahaean agar melakukan penyelidikan bersama dengan anggota Opsnal ke daerah Desa Meluai Indah Kecamatan Semendawai Barat. Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, anggota Opsnal berhasil meringkus tiga tersangka dari empat pelaku pencurian hewan ternak, dirumahnya masing-masing di Desa Meluai Indah Kecamatan Semendawai Suku III. Namun salah satu pelaku Malwani ditangkap dan kedua tangannya diborgol kebelakang saat akan dinaikkan keatas mobil, Malwani terpeleset dan terjatuh, sehingga lengan kirinya patah, kemudian dibawa kepuskesmas Purwodadi untuk dilakukan pengobatan secara medis. Selanjutknya ketiga tersangka langsung dibawa ke Polsek Semendawai Suku III untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

“Ketiga tersangka dari empat palaku yang diamankan adalah Malwani (40), M. Nurhuda (31), David Wahyudi (27), ketiganya warga Desa Meluai Indah Kecamatan Semendawai Barat, Kabupaten OKU Timur, sementara pelaku Ralex masih buron,” Ujar IPTU Yuli. Rabu (18/03/2020)

IPTU Yuli juga menambahkan adapun barang bukti yang berhasil diamankan adalah satu unit Mobil Daihatsu Grand Max jenis Pic-up Warna Putih Nopol BG 9883 YB,

Dua Bilah Golok, Dua lembar terpal plastik warna biru, 5 Kg daging kerbau dan 3 Kg isi perut dan Kulit ke bau yang telah dibakar.(wk)