Tidak Puas Dengan Hasil Pilkades, Cakades Temui Bupati OKU Timur

WARTAREPUBLIKA.COM | OKU TIMUR – Tidak puas dengan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 24 Januari 2019, beberapa Calon Kepala Desa (Cakades) Pulau Negara, Kecamatan BP Peliung mendatangi Kantor Bupati OKU Timur, Senin (28/1/2019).

Mereka menemui Bupati OKU Timur HM  Kholid Mawardi S.Sos, MSi untuk menyampaikan ketidakpuasan hasil Pilkades. Dan meminta persetujuan bupati agar Pilkades Pulau Negara dilakukan hitung ulang terhadap 276 surat suara yang dikategorikan tidak sah.

Cakades Pulau Negara nomor urut 3 Santonilisa  menjelaskan, pihaknya tidak menerima hasil dan tata cara perhitungan yang dilakukan. Karena surat suara yang dianggap tidak sah melebihi hasil suara dari salah satu Cakades. Selain itu, sebanyak 276 surat suara yang dianggap tidak sah pada saat penghitungan di TPS, kebanyakan surat suara yang menurutnya sah.

“Yang betul-betul tidak sah itu menurut kami ada lima surat suara yang tidak sah. Yakni suara yang dicoblos lebih dari satu. Selebihnya surat suara yang dikatakan tidak sah itu kebanyakan lipatan kertas surat suara ikut tercoblos. Ini menurut kami bukan tidak sah, tapi ketidaksengajaan warga yang mencoblos, karena surat suara ini tidak terbuka benar, masih dalam lipatan namun sudah dicoblos,” imbuhnya

Sementara Kabag Tata Pemerintahan Umum Setda OKU Timur Yuli Akmal mengatakan, dengan adanya keinginan Cakades Pulau Negara untuk kembali melakukan penghitungan ulang surat suara yang tidak sah, pihaknya tentu akan menyiapkan agenda jika memang nanti ada aturan yang mengharuskan penghitungan ulang. Namun akan melihat terlebih dahulu titik permasalahannya serta memperhatikan aturan yang berlaku. Sejauh ini pelaksanaan Pilkades yang baru saja usai digelar telah berjalan sesuai prosedur.

“Untuk permasalahan Pilkades di Desa Pulau Negara kita belum mendapatkan laporan adanya pro kontra terhadap hasil pilkades tersebut. Kalau pun nanti ada tuntutan dari Cakades tentu kita akan siapkan agenda untuk pembahasannya,” tegasnya.