Temukan Dugaan Money Politic, Caleg dari Golkar Ini Lapor ke Bawaslu

OKU Timur, WR – Calon Legislatif (Caleg) DPRD OKU Timur Daerah Pemilihan (Dapil) OKU Timur 1, dari Partai Golkar, Herman, SE melaporkan temuan dugaan money politic yang dilakukan salah satu caleg dan kejanggalan Formulir C1 di Kecamatan Jayapura ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OKU Timur.


Herman mengatakan, temuan politik uang yang dilaporkan tersebut terjadi di satu lokasi yakni di Dusun Gumai Jaya Desa Mendah, Jayapura. Menurut dia, saksi didesa tersebut sudah memberikan keterangan ke Bawaslu beberapa hari yang lalu.

“Saksi sudah kita hadirkan ke Bawaslu dan sudah memberikan keterangan bahkan alat bukti berupa video sebagai bukti terjadinya praktik money politic sudah kita serahkan,” katanya kepada awak media, Kamis (2/4/2019).

Selain melaporkan temuan money politic, tambah Herman, dirinya juga melaporkan adanya kejanggalan pada Formulir C1 pleno di 9 TPS di Kecamatan Jayapura yang di tidak ditandatangi oleh semua saksi partai politik.

“Ada 9 TPS yang kami temukan pada Formulir C1 yang tidak ditandatangi semua saksi partai politik dan ini patut diduga ada unsur kesengajaan dari penyelenggara pemilu. Apa iya di TPS tidak ada saksi kan aneh,” tambahnya.

Meskipun dalam peraturan yang ada Formulir C1 tetap dianggap sah bila tidak ditandatangani saksi. Namun, jika semua kolom di Formulir C1 yang harusnya ditandatangani oleh saksi semua kosong tanpa ada tanda tangan patut diduga adanya permainan yang dilakukan penyelenggara yang menguntungkan salah satu caleg.

“Bahkan, di TPS 02 di desa Jayapura, Kecamatan Jayapura, kita temukan Formulir C1 nya tidak ditanda tangani oleh pennyelenggara pemilu baik ketua KPPS maupun anggotanya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Herman yang pernah menjabat kepala desa Pemetung Basuki ini mengatakan, semua bukti secara resmi sudah disampaikan ke Bawaslu. Dan meminta agar melakukan reaksi terhadap laporan yang sudah disampaikan.

“Bukan hasil pemilu yang kami permasalahkan, namun proses dari pemilu tersebut yang harusnya mengedepankan prinsip jujur itu yang kami laporkan. Dengan kejadian itu, pemilu di Dapil OKU Timur 1 khususnya di Kecamatan Jayapura kami duga sarat kecurangan,” lebih lanjut.

Diketahui, laporan yang disampaikan oleh caleg Partai Golkar Dapil OKU Timur 1 Herman, SE telah memenuhi syarat materiil dan formil dengan telah diregistrasinya laporan oleh Bawaslu OKU Timur. (Jeff)