Tanggapi Usulan Bedah Rumah, Kadin Perkim Datangi Rumah Marwah

OKU Timur, Wartarepublika.com – Kepala Dinas (Kadin) Perumahan dan kawasan Pemukiman (Perkim) OKU Timur  Aldi Gurlanda ST, MM bersama Lurah Dusun Martapura Erna Anggraini SE dan Sekdin Ery Antoni SE mendatangi rumah pasangan Marwah (30) Yuliana (25) Rt 01 Rw 01 Kelurahan Dusun Martapura Kecamatan Martapura.

Kondisi rumah milik pasangan ini memang tidak layak, dinding terbuat dari papan dan bambu. Sehingga layak untuk diperbaiki melalui program bedah rumah. 

Saat ditemui di rumahnya  Marwah (30) Yuliana (25) Rt 01 Rw 01 Kelurahan Dusun Martapura, mengatakan, sudah lama menempati rumah mereka yang tidak layak. Namun keterbatasan ekonomi mengingat dia hanya berkerja sebagai buruh tani dan istrinya bekerja serabutan sehingga untuk membangun rumah yang layak belum bisa dilaksanakan.

Persiapan untuk membangun rumah sudah dilakukan sejak lama, secara bertahap dia sudah membeli batu bata dan kusen. Namun kendala anggaran untuk membeli material yang lain belum bisa dipenuhi. “Saya berterimakasih jika rumah saya akan diperbaiki melalui program bedah rumah,”ungkapnya.

Baca Juga :
Polres OKU Timur Kembali Mencanangkan Kampung Tangkal Corona di Desa Trimorejo

Sementara Lurah Dusun Martapura Erna Anggraini SE, menjelaskan sebelumnya sudah diusulkan agar rumah Marwah dibangun melalui program bedah rumah, namun belum terlaksana, saat ini diusulkan kembali dan sudah mendapat tanggapan dari Dinas Perkim  

“Kita berterimakasih kepada Kadin Perkim yang sudah turun langsung ke lapangan dan melihat rumah warga yang tidak layak dan dimasukan pada program bedah rumah,”ungkapnya.

Sudah pernah diusulkan untuk perbaikan dan pembangunan rumah. Sekarang akan diusulkan lagi.

Kadin Perkim OKU Timur Aldi Gurlanda ST, MM didampingi Kabid Perumahan, Medriansyah menambahkan untuk Kelurahan Dusun Martapura akan dibantu 20 unit rumah yang akan dibangun melalui program bedah rumah.

Baca Juga :
Puluhan Warga Desa Isolasi Mandiri, Azmi Shofix Bagikan Ribuan Masker dan Puluhan Paket Sembako

.

“Bu Lurah tolong seluruh berkasnya disiapkan dan serahkan ke kantor,”imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, adapun persyaratan untuk bisa dilakukan perbaikan rumah melalui program bedah rumah, pemohon harus memiliki KTP, KK dan keterangan tanah milik pribadi. Pada 2020 OKU Timur akan mendapatkan kuota  diperkirakan mencapai 700 unit yang dananya berasal dari APBN dan yang berasal dari DAK 100 penerima bantuan. 

Sedangkan bentuk bantuan berupa  barang maupun material bukan uang sesuai kebutuhan penerima bantuan. Sebelumnya  Kades, Lurah, Camat harus mengusulkan jika di wilayahnya ada rumah yang harus diperbaiki melalui program bedah rumah. Berkas usulan yang masuk akan dibawa ke Kementerian PU dan Perumahan Rakyat untuk diverifikasi. Nanti hasil verifikasi itu yang akan menentukan layak apa tidaknya untuk dilakukan bedah rumah,teganya.(jeff)