Ilustrasi Virus Android

Symantec : Ada Virus Android Mampu Instal Sendiri

Wartarepublika.com | OKU Timur – Dalam waktu 6 bulan virus bernama Xhelper telah menginfeksi lebih dari 45 ribu perangkat Android di seluruh dunia dan terus menyebar sampai saat ini.

Dilansir Mirror, para periset Symantec menyebutkan bahwa aplikasi jahat ini tidak mempan dihapus, walaupun telah dihapus aplikasi ini dapat menginstal ‘dirinya’ sendiri. Meski user dapat mendeteksi dan menghapusnya seakan percuma bahkan saat user melakukan factory reset.

Sekali aplikasi itu terdownload, ia bisa menambahkan aplikasi mengganggu lain dan membanjiri smartphone dengan iklan. Xhelper juga dapat menyembunyikan diri sehingga tidak mudah diketahui.

“Tidak ada sampel yang kami analisis tersedia di Play Store dan meski kemungkinan malware Xhelper didownload oleh user dari sumber tak diketahui, kami yakin itu bukan satu-satunya chanel distribusinya,” sebut Symantec.

Berbagai tips klasik pun dikemukakan Symantec agar perangkat aman dari aplikasi ini. Misalnya, jangan sekali-sekali mengunduh aplikasi dari sumber tak terpercaya, selalu update software, backup data penting sampai memakai aplikasi sekuriti yang andal.

Lihat video news : FERY BANTU BAYI MALANG

Warta Republika Youtube Channel