Sumber Mata Air “Abadi” Desa Bendi

OKU Selatan, WartaRepublika.com – Di Desa Bendi Kecamatan Buay Rawan OKU Selatan, terdapat aliran mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun atau seperti terlihat Abadi. Mata air tersebut terlihat cukup jernih  terletak di dusun satu Desa Bendi,berada di area perkebunan milik salah satu warga bernama Usup.

Di tuturkan Usup pemilik lahan, Jika selama ini mata air yang berada di area kebun miliknya tersebut tidak pernah sama sekali mengalami kekeringan, selalu mengalir dan air yang keluar dari salah satu titik tanah miliknya tersebut selain jernih bahkan menurutnya bisa langsung diminum tanpa harus direbus dahulu sebelumnya.

“Aliran air yang berasal dari mata air ini,selain di pakai untuk mandi serta mencuci bahkan bisa langsung untuk  diminum tampa harus direbus dahulu. Kami sendiri sering mengambil air dari mata air ini khususnya untuk minum dirumah serta tidak jarang karna jernih serta bersihnya tampa harus di rebus dulu,” tuturnya.

Baca Juga :
Pipa Masuk Angin, Distribusi Air PDAM Terhambat

Ditambahkan Usup, bahkan Saat kemarau panjang sekalipun seperti kemarau yang terjadi serta melanda selama 9 bulanan pada tahun 1982 lalu, mata air ini tetap mengalir seperti biasa tidak sama sekali mengalami susut tajam bahkan kering dan mati hingga saat ini,” ceritanya kepada WartaRepublika dilokasi mata Air yang ada di area perkebunan milik warga ini.

Pantauan WartaRepublika tempat lokasi mata air berada di Desa Bendi Kecamatan Buay Rawan, sumber Mata air yang menurut cerita warga tidak Pernah mengalami kekeringan ini,terlihat keluar alami dari dasar tanah ketinggian dan memang terlihat jernih,terdapat bak penampung utama di sekitar titik keluarnya mata air ini,sebelum di alirkan ke bak berikutnya melalui peralon cukup besar dengan ukuran panjang sedang oleh usup sang pemilik kebun tempat mata air tersebut berada,untuk digunakan memenuhi kebutuhan air sehari hari keluarga ini bahkan tidak jarang juga di manfaatkan oleh warga lainnya yang ada di desa bendi.

Baca Juga :
Jalan Provinsi mulai mulus, Warga OKU Selatan Ucapkan Terimakasih

“Terutama jika ada hajatan,bahkah jika ada musibah kematian, banyak warga datang untuk mengambil air di tempat ini,selain jernih juga memang cukup bersih dan tidak pernah mengalami kering sama sekali selama ini”Pungkas Bapak usup kepada portal ini. (DK)