Siswa – Siswi MAN I OKU Timur Wajib Membayar Zakat di Sekolah

WARTAREPUBLIKA.COM, OKU TIMUR – Memasuki pertengahan puasa Ramadhan 1440 H, panitia pengumpulan zakat fitrah MAN 1 OKU Timur, Sumsel mulai menerima zakat dari pelajar. Ini memang sudah menjadi rutinitas di bulan Ramadhan, siswa dan siswi MAN 1 wajib melakukan pembayaran zakat di sekolah.

Demikian dikatakan Ketua Amil Zakat MAN  1, Hadi Buhro Wijaya, S.Si, Kamis (23/05/2019). “Seluruh siswa dan siswi tidak lagi membayar zakat melalui amil zakat di desa masing-masing dan pengumpulalnya  dikoordinir langsung staf tata usaha dan juga Rohis. Besaran zakat fitrah yang dikeluarkan sebesar 2,5 kilogram per orang dalam bentuk beras, dan  Rp 22.500 per orang jika membayar dalam bentuk uang. Ini sudah menjadi keputusan rapat panitia zakat Kantor Kementerian Agama OKU Timur,” katanya.

Setelah zakat terkumpul kemudian akan didistribusikan kepada warga sekitar yang telah disurvey sebelumnya. “Alhamdulillah kita sudah melakukan pengumpulan zakat fitrah untuk puasa Ramadhan 1440 H. Selain dibantu  staf  TU pengumpulan juga dibantu oleh Rohis dan beberapa anggota Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM),” ujarnya.

“Selanjutnya kita akan langsung didistribusikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan yang sebelumnya telah dilakukan survey melalui Kepala Desa dan Ketua Rt setempat, sehingga infaq yang kita berikan benar-benar tepat,” katanya lagi.

Sementara, Waka Keagamaan, Khairul Anwar, S.E menambahkan, zakat yang dikeluarkan bukan sekedar memenuhi kewajiban di bulan Ramadhan, melainkan juga memberikan pengajaran kepada siswa.

“Sudah menjadi kegiatan wajib yang dilakukan di MAN 1, pembayaran zakat selain untuk memenuhi kewajiban di bulan Ramadhan, sekaligus mengajarkan siswa untuk ikhlas beramal dan berbagai kepada sesama yang benar-benar membutuhkan. Mengajarkan kepada siswa untuk menyadari dan meningkatkan kepekaan sosial mereka terhadap kehidupan sekitar. Sehingga pada saat hari kemenangan nanti, seluruh muslim bisa merasakan kebahagiaan,” jelasnya.