Pisang OKU Selatan Dijual ke Pulau Jawa

OKU Selatan, wartarepublika.com – Kabupaten OKU Selatan merupakan salah satu daerah penghasil buah pisang terbesar di provinsi Sumatra selatan. Buah pisang yang banyak tumbuh serta ditanam warga khususnya para petani pisang di daerah ini,banyak dijual ke luar Kabupaten OKU Selatan, baik yang ada di dalam provinsi sumatera selatan sendiri bahkan dikirim ke pulau jawa melalui para pengepul buah pisang.

Berdasarkan pantauan portal ini, untuk harga Jenis buah pisang termahal saat ini adalah Pisang Ambon,sementara yang termurah adalah pisang Gadis.

Baca Juga :
Pengumuman Daftar Calon Sementara Anggota DPRD OKU Selatan Pada Pemilu 2019

“Jenis buah pisang termahal saat ini adalah Ambon,harganya Rp 4500 kami beli dari para petani,sementara yang paling murah adalah pisang gadis dan rata rata dikirim pulau jawa,”Jelas Riduan salah satu pengepul buah pisang warga kecamatan Buana Pemaca kepada WartaRepublika saat dibincangi dirumahnya.

Menurut Kyai Wan panggilan akrab Riduan pisang yang ada terlihat tertumpuk dirumahnya sebelum dikirim dimuat dan kirim ke pulau jawa hasil beli dari para petani yang ada di beberapa desa atau kecamatan di OKU Selatan.

“Jika pisang ambon banyak berasal dari  daerah kecamatan kisam,karna buah pisang yang dihasilkan termasuk bagus,selain dari petani di daerah atau desa atau yang kecamatan lainnya,”ujarnya.

Baca Juga :
Ira Huryati Himbau Peserta JKN-KIS Bayar Iuran Tepat Waktu

“Untuk dalam satu minggunya jika lancar, biasanya kami bermuat atau menjual buah pisang dari para petani sebanyak tiga kali ke pengepul atau pembeli lebih besar untuk dikirim ke palembang atau pulau  jawa,atau kami mengirim serta jual langsung kepada pengepul atau pembeli pisang yang ada pulau jawa jika pengepul lebih besar di tingkat lokal,harganya tidak masuk atau cocok,”pungkasnya.(DK)