Pilkada OKU Timur, Enos-Yudha Nomor 1, Ruslan-Herly Nomor Urut 2

OKU Timur, Wartarepublika.com – KPU OKU Timur menggelar kegiatan pengundian nomor urut pasangan calon Bupti dan Wakil Bupati, yang akan bertarung pada Pilkada serentak 2020 di Bumi Sebiduk Sehaluan. Penetapan berlangsung pada Kamis (24/09/2020).

Rapat Pleno pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dipimpin Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI dan seluruh Komisioner.

Berdasarkan hasil undian pasangan calon H Lanosin ST (Enos) dan HM Adi Purna Yudha, SH, (Yudha) yang diusung 11 Parpol nomor urut 1 dan pasangan yang berasal dari jalur Indenpendent maupun perseorangan Kolonel Inf H Ruslan Taimi, SE, MM dan dr Herly Sunawan, SH.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI mengatakan, setelah melalui proses pengundian yang disaksikan oleh pasangan calon. Nomor 1 H Lanosin ST (Enos) dan HM Adi Purna Yudha, SH, (Yudha) dan nomor 2 pasangan Kolonel Inf H Ruslan Taimi, SE, MM dan dr Herly Sunawan, SH, yang maju melalui jalur indenpendent maupun perorangan.

Sebelumnya sudah dilakukan beberapa tahapan diantaranya tes kesehatan, penetapan pasangan calon dan selanjutnya pengundian nomor urut. “Karena mentaati protokol kesehatan Covid-19 sehingga jumlah orang yang masuk ke ruangan terbatas,” katanya.

Baca Juga :
KPU OKU Timur Melaksanakan Sosialisasi PKPU

Setelah pengundian nomor urut akan masuk masa kampanye. Tapi ada aturan yang harus dipatuhi tidak boleh mengumpulkan masa dalam jumlah kesehatan dan tetap untuk pertemuan terbatas tidak boleh lebih dari 50 orang dan rapat umum 100 orang. “Kita ingatkan pasangan calon untuk mentaati aturan ini karena lembaga yang mengawasi,” jelasnya.

“KPU juga sudah melakukan sosialisasi untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi bahkan berdasarkan pengalaman yang sudah tingkat partisipasi masyarakat di OKU Timur cukup tinggi. KPU masih terus melakukan tahapan demi tahapan yang belum dilaksanakan,” timpalnya.

Dia menambahkan, sebelumnya pada Rabu (23/09/2020), melalui rapat pleno tertutup KPU OKU Timur menetapkan dua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati. Kedua pasangan calon itu dari jalur Indenpendent Kolonel Inf H Ruslan Taimi, SE, MM dan dr Herly Sunawan, SH, dan pasangan H Lanosin ST (Enos) dan HM Adi Purna Yudha, SH, (Yudha) yang diusung Parpol.

Untuk lokasi kampanye sudah ditentukan dilima zona. Zona I Kecamatan Martapura, Bunga Mayang, Jayapura, BP Peliung, zona II Kecamatan Madang Suku I, Madang Suku II, Madang Suku III, Belitang Madang Raya, Zona III, Kecamatan Semendawai Barat, Cempaka, Semendawai Timur, Semedawai Suku III, Belitang Mulya, Zona IV Kecamatan Belitang, Belitang II, Belitang III, Belitang Jaya, Zona V Buay Madang Timur, Buay Madang, Buay Pemuka Bangsa Raja.

Baca Juga :
KPU OKU Timur Verifikasi LHKPN Enos ke KPK

“Untuk pemasangan APK harus dipasang dititik yang sudah ditentukan, jangan sampai dilanggar karena akan ada sanksi,” imbuhnya.

Assisten I Setda OKU Timur Yuli Akman, SE, MM, menambahkan, rapat pleno dilakukan secara terbatas mengingat saat ini masih pandemi Covid-19. “Kami dari pemerintah berterimakasih dengan berjalannya tahapan sesuai aturan dan lancar dan pasangan calon juga selalu mentaati protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi yang tidak diinginkan Polres OKU Timur melakukan pengamanan secara ketat di pintu masuk ruangan tempat berlanhsungnya rapat pleno.

Rapat Pleno pengundian nomor urut seluruh Ketua Parpol dan Kapolres OKU Timur AKBP Dahlizon, SIK, MM, Kajari OKU Timur Dr. Akmal Kodrat, SH, M.Hum. (wk)