Petugas Rutan Martapura Negatif Narkoba

WARTAREPUBLIKA. COM | OKU TIMUR – Sebanyak 47 petugas Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Martapura secara mendadak menjalani tes urine, Selasa (19/2). Pelaksanaan tes urine ini dilakukan untuk memastikan, agar tidak ada petugas di lingkungan Rutan Cabang Martapura yang terlibat dalam penggunaan narkoba.
“Ini menegaskan bahwa Rutan Cabang Martapura menyatakan perang terhadap penyalahgunaan narkoba dalam bentuk apapun. Tes ini kami lakukan secara rahasia dan mendadak dan hasilnya nanti akan diteruskan langsung ke Kantor Wilayah (Kanwil) Hukum dan HAM Sumsel,” jelas Kepala Rutan Cabang Martapura, Royhan Al Faisal.
Dari hasil tes urine ini sebanyak 47 pegawai dinyatakan negatif mengandung narkoba, bila ada anggotanya yang terindikasi mengkonsumsi narkoba, maka akan langsung dilaporkan ke Kanwil Sumsel dan juga akan direhab.

Baca Juga :
5.02 Gram Sabu Gagal Beredar di OKU Timur


“Jika ada pegawai rutan yang terbukti menggunakan narkotika maka kami akan langsung melaporkan ke Kanwil Hukum dan HAM Sumsel dan bila terbukti ikut terlibat dalam jaringan peredaran narkoba, maka akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku”, jelasnya.
Kepala Cabang Rutan Martapura Rayhan Al Faisal menambahkan tes urine ini juga sebagai bentuk pengawasan dan pembinaan terhadap pegawai lambaga permasyarakatan khususnya di Martapura.
“Alhamdulillah sejauh ini hasilnya negatif semua dan tidak ditemukannya ada pegawai yang terbukti menggunakan narkoba, namun kegiatan ini akan kita lakukan secara berkala dan random, kerana tidak lain tujuannya untuk lebih memastikan lagi. Intinya kami tidak main-main dengan narkoba”, tegasnya. (EJA)