Petani Modern Perkuat Ketahanan Pangan

Wartarepublika.com, OKU Timur – Hari Pangan Sedunia diperingati oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Timur bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian penduduk dunia akan pentingnya pangan, acara yang digelar dihalaman Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur juga dihadiri oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD beserta jajaran Forkopimda OKU Timur ,Kamis (10/10/2019).

 

Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan ketahanan pangan merupakan masalah kompleks yang penanganannya  memerlukan sinergi dari seluruh sektor pembangunan, mulai sektor pertanian, kesehatan, pendidikan, perdagangan, dan ekonomi. 

 

Negara kuat itu karena ketahan pangannya, maka dari itu saya mengajak masyarakat, khususnya Kabupaten OKU Timur untuk menjadi petani yang modern. ” jangan takut menjadi petani karena dengan pengetahuan yang cukup serta didukung dengan tekhnologi yang modern, kita harus berfikir maju bahwa petani bisa memenuhi kebutuhan hidup”, Ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Timur Junadi, SP. MM mengatakan, dari 17 Kabupaten Kota di Provinsi Sumatera Selatan, baru Kabupaten OKU Timur yang melaksanakan Hari Pangan Sedunia ke-39, “Acara ini mengusung tema Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045”, Ujarnya

Junadi juga menambahkan untuk Penerapan Teknologi Ketahanan Pangan di OKU Timur telah membuat  bidang konsumsi, merekalah yang membuat Beras dari Ubi (RASBI), membuat keripik dari daun kelor serta berbagai macam pangan lokal lainnya. “Kita selalu bekerjasama dengan PKK OKU Timur dan Insyaallah ditahun 2020 kita akan mendapatkan 5 penghargaan sertifikasi pangan olahan segar yang sekarang lagi diuji oleh Provinsi untuk di cek apakah mengandung bahan kimia atau tidak “, Pungkasnya. (ADV)