Pertahankan Kondusifitas, Bacalon Kades Kecamatan Buay Madang Timur Gelar Deklarasi Damai

OKU Timur — Guna mempertahankan agar kondisi Bumi Sebiduk Sehaluan tetap kondusif. Terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021. Untuk itu seluruh Bakal Calon (Bacalon) Kades di Kecamatan Buay Madang Timur, OKU Timur menggelar kegiatan deklarasi damai.

Camat Buay Madang Timur Jon Kenedi, SE,  pada Kamis (25/02/2021) mengatakan, jumlah desa di kecamatan yang yang dipimpinnya ada  30 desa definitif tiga desa persiapan. Dari jumlah itu 20 desa yang akan menggelar Pilkades serentak.

Selain itu terdapat satu desa yang akan melaksanakan Pilkades Pengganti Antar Waktu  (PAW)  Desa Bangun harjo akan tetapi tidak bersamaan  dengan Pilkades serentak diperkirakan lebih awal,katanya.

Pelaksanaan Pilkades serentak 2021 anggaran dengan menggunakan anggaran APBD dan APBDes dan jika tidak ada anggaran dari APBDes, panitia dapat menerima anggaran dari dana Hibah pihak ketiga,ungkapnya.

“Dengan deklarasi damai ini kita harapkan pelaksanaan Pilkades di Kecamatan kita bisa berjalan dengan damai dan lancar,”terangnya.

Baca Juga :
Buron Dua Tahun, Pelaku Penodongan Ini Akhirnya tertangkap

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon, SH, SIK, melalui Kapolsek Buay Madang Timur Iptu Alimin, SH, menambahkan, pihaknya menghimbau agar bersama-sama berpartisipasi dalam pencegahan Protokol kesehatan Covid 19. Dalam pencalonan Kades di wilayah Buay Madang Timur maksimal berjumlah lima calon dan jika lebih lima calon  akan dilakukan seleksi oleh panitia kabupaten.

Untuk di  wilayah Kecamatan Buay Madang Timur terdapat tiga desa yang melebihi lima orang bakal calon Kades,  Desa Pengandonan dengan jumlah delapan  Bacalon kades, Desa Tanjung Sari dengan jumlah enam Bacalon kades, Desa Tambak Boyo dengan jumlah enam Bacalon Kades.

 Menghimbau agar tetap selalu menjaga perdamaian dan ketentraman di masyarakat dalam pelaksanaan Pilkades di wilayah Kecamatan Buay Madang Timur. “Silahkan berkopetensi dalam pencalonan Kades secara sehat dan damai,”ungkapnya.

Baca Juga :
Team SW Polres OKU Timur "Cyduk" Tiga Kawanan Pencuri

Kemudian dilanjutkan dengan  pembacaan deklarasi damai Bakal Calon Kades se Kecamatan Buay Madang Timut  dalam Pilkades serentak  2021 di OKU Timur yangg dibacakan oleh perwakilan Bakal Calon Kades Pardiyono   dan diikuti oleh seluruh peserta Bakal Calon Kades se Kecamatan  Buay Madang Timur.

Isi deklarasi damaiKami Bakal Calon Kepala Desa se Kecamatan  Buay Madang Timur. Akan senantiasa mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundang-undangan yg berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas dalam pelaksanaan Pilkades. Tidak melakukan Black Campaign, Money Politik, menyebarkan isu SARA dan berita Hoax dalam pelaksanaan Pilkades. Bersedia menciptakan situasi yg aman, damai, sejuk dan sehat selama pelaksanaan tahapan Pilkades.  Akan menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19 selama pelaksanaan tahapan Pilkades. Siap menerima keputusan Panitia Pilkades terkait seleksi administrasi. Siap terpilih dan tidak terpilih dalam Pilkades.