Peristiwa 7 Mei: Perjanjian Roem-Roijen Hingga Jerman Menyerah Ke Sekutu

WARTAREPUBLIKA.COM, OKU TIMUR – Tepat pada 7 Mei terjadi sejumlah peristiwa yang menghebohkan dan tercatat sebagai sejarah sepanjang abad. Okezone pun coba merangkum beberapa peristiwa yang terjadi pada tanggal tersebut. Berikut ini beberapa di antaranya, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Selasa (7/5/2019).

Tepat pada 7 Mei 1945, Jerman menyerah melawan sekutu pada Perang Dunia II di Eropa. Penyerahan diri tersebut sekaligus mengakhiri PD II di Eropa.

Penyerahan diri Jerman ditandai dengan penandatanganan instrumen perjanjian di Karlshorst, Berlin, antara perwakilan pasukan Jerman d‎engan pasukan ekspedisi sekutu dengan Komado Tinggi Tentara Merah, serta tambahan perwakilan Prancis dan Amerika Serikat.

Prosesi penandatanganan tersebut dimulai sejak 7 Mei di Reims. Kemudian pada 8 Mei, dikenal sebagai Hari Kemenangan Eropa. Sementara di negara-negara bekas Soviet, Hari Kemenangan dirayakan pada 9 Mei.

1949 – Penandatanganan Perjanjian Roem-Roijen

Perjanjian Roem-Roijen merupakan sebuah kesepakatan antara Indonesia dengan Belanda. Perjanjian ini digagas sejak 14 April 1949 hingga akhirnya ditandatangani pada 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta.

Nama perjanjian tersebut diambil dari pimpinan delegasi dua negara yakni dari Mohammad Roem (Indonesia) dan Herman van Roijen (Belanda). Perjanjian ini bertujuan menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum adanya Konferensi Meja Bundar di Den Haag.

Adapun Perjanjian Roem-Roijen menghasilkan kesepakatan yang di antaranya Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) akan menghentikan semua aktivitas gerilya. S‎edangkan Angkatan Bersenjata Belanda menghentikan semua operasi militer dan membebaskan tawanan perang.

Perjanjian tersebut berlanjut hingga 22 Juni 1949 yang menghasilkan kesepakatan yakni kedaulatan Indonesia diserahkan secara utuh dan tanpa syarat sesuai dengan Perjanjian Renville pada 1948.

Kemudian Belanda dan Indonesia akan mendirikan sebuah persekutuan dengan dasar sukarela serta persamaan hak. Lalu Hindia-Belanda bakal menyerahkan semua hak dan kewajiban kepada Indonesia.

1992 – Pesawat Ulang-Alik Endeavour Diluncurkan

Sebuah pesawat ulang-alik Endeavour milik armada NASA (badan luar angkasa Amerika Serikat) diluncurkan. Endeavour merupakan pesawat luar angkasa kelima dan yang terakhir dibuat oleh NASA.

Setelah sekira 19 tahu‎n beroperasi, pesawat ulang-alik Endeavour akhirnya menyelesaikan penerbangannya pada 1 Juni 2011. Endeavour mendarat di Keneddy Space Center dan selanjutnya dihibahkan ke California Science Center di Los Angeles.

(han)