Pemuda Bantan, Bantan Pelita dan Negeri Pakuan Nyatakan Sikap Berperan Aktif untuk Kemajuan Desa

OKU Timur, Wartarepublika.com — Bertempat di Balai Desa Negeri Pakuan Kecamatan BP Peliung Kabupaten OKU TIMUR digelar acara ” Maupau Sua Ngopi” yang diikuti oleh pemuda/i dari 3 (tiga) desa yang bertetangga, yaitu: Desa Bantan, Desa Negeri Pakuan, dan Desa Bantan Pelita. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Negeri Pakuan, Pahrulrozi dan dipandu oleh moderator Lesi Mareta, SSi. MSi. Dosen Itera Lampung.

Samsul Awaludin, selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakannya acara ini selain memperingati hari Sumpah Pemuda juga bertujuan memberikan gambaran pada peserta mengenai perkembangan  desa terkini.

Selain itu, menurut Samsul acara ini sebagai wadah diskusi bagi pemuda/i desa untuk berperan aktif dalam kemajuan desa atau Tiyuh.

Baca Juga :
Satu Tahun Tak Berfungsi, Lampu Jalan di Bukit Napuh Tak Kunjung Diperbaiki

Dodi Purnama, ST, MM selaku narasumber mengatakan bahwa pemuda/i Bantan Raya yang sedang memperdalam ilmu di tanah rantau hendaknya pulang kembali ke desa untuk menyampaikan ke masyarakat.

“Pemuda/i desa harus aktif dalam berorganisasi dan mengorganisir diri dalam lembaga kemasyarakatan desa yang bisa menjadi wadah bagi pemuda untuk berdinamika, menyalurkan ide, berkreasi dalam bidang olahraga, seni budaya, wirausaha, dan pengabdian pada bidang lainnya,” ujar Dodi.

Narasumber lainnya, Irlan, SE Anggota DPRD OKU TIMUR periode 2019-2024 berpendapat bahwa pemuda/i desa dapat berperan utk mengawasi/mengontrol kebijakan atau pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Desa.

Baca Juga :
Berikan Bantuan Untuk Korban Banjir, Kapolres OKU Timur Sambangi Satu Persatu Rumah Warga

Irlan juga berharap pemuda dapat membangun sinergi dengan para sesepuh desa dan perangkat desa.

Diakhir acara pemuda/i desa menyampaikan pernyataan sikap untuk berperan aktif dalam kemajuan desa dan selanjutnya perwakilan pemuda/i desa menandatangani kesepakatan tersebut untuk dijadikan pedoman dalam pergerakan pemuda/i desa berperan serta dalam kemajuan desa/tiyuh.

Secara terpisah, Firli Purnama Jaya seorang tokoh pemuda Bantan Raya  menegaskan bahwa pemuda/i di desa bisa menjadi wakil terdepan dalam berbagai ajang kompetisi masyarakat. Kompetisi dimaksud akan meningkatkan daya saing  pemuda dalam kiprahnya untuk kemajuan desa. (Jeff)