Pembukaan Festival Danau Ranau ke XXII Berlangsung Sangat Meriah

WARTAREPUBLIKA.COM, OKU SELATAN – Kemeriahan sangat terlihat di saat pembukaan Festival. Danau Ranau yang ke XXII yang berlangsung Dermaga Ponton  Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan, Rabu (3/7).

Dalam pembukaan tersebut  di hadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru. Bupati OKU Selatan Popo Ali M.B,Commerce, Wakil Bupati Sholehien Abuasir. Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Febrita Lustia Deru, Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonita Sari Popo Ali, perwakilan Kementrian Pariwisata RI, Kemendekbud RI, Anggota DPRD Provinsi Sumsel, Para FKPD Kabupaten OKU Selatan, OPD,  perwakilan peserta dari 19 Kecamatan dan para tamu undangan lainnya serta masyarakat setempat.

 

Dalam sambutanya  Bupati OKU Selatan, Popo Ali M.B,Commerce, mengajak seluruh lapisan  masyarakat untuk turut mensukseskan perhelatan budaya yang dimiliki Kabupaten OKU Selatan salah satunya yakni melalui  ajang FDR, dirinya berharap Seni dan budaya yang ada di Bumi Serasan Seandanan kedepanya akan mampu menjadikan Bumi Serasan Seandanan akan bisa unggul khususnya  disektor pariwisata sehingga danau ranau akan menjadi tujuan wisata baik dari dalam Negeri hingga manca Negara, ” Apa lagi mengingat Danau Ranau yang menjadi kebanggaan masyarakat Oku Selatan ini adalah merupakan Danau terbesar ke 2 di Sumatera sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung,”  terangnya 

Di tambahkan oleh Popo dirinya berharap melalui  ajang FDR di tahun ini dapat berjalan dengan sukses, lancar dan aman sehingga melalui moment tahunan tersebut selain akan  memberikan dampak posotip serta juga akan meningkatkan kunjungan wisatawan,” Yang mana tentunya melalui momentum FDR ini akan bisa  meningkatkan perekonomian bagi masyarakat OKU Selatan khusunya di Kecamatan Banding Agung ini,” kata Popo.

Sementara itu perwakilan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dra Cristiyanti Aritani M Hum, saat menyampikan kata sambutan mengatakan  dengan disahkannya UU No 5 Tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan. Maka dari itulah melalui momentum FDR ini sehingga akan mampu memajukan budaya dan pendidikan.

“Kami siap mendukung untuk kemajuan budaya dan pendidikan di Kabupaten OKU Selatan ini. Kita sama-sama berharap untuk  kedepannya budaya di OKU Selatan semakin maju dan berkembang, ,” ujarnya

Terpisah Gubernur Sumsel, H Herman Deru. SH MH, dalam sambutanya dirinya sangat bangga kepada  masyarakat OKU Selatan serta Pemerintah Kabupaten OKU Selatan yang mana telah melestarikan budaya yang ada di Bumi Serasan Seandanaan ini melalui FDR tersebut

“ Saya sangat mengapersiasi sekali kepada seluruh lapisan masyarakat serta Pemkab yang mana sampai saat ini masih terus melestarikan budaya yang di miliki Kabupaten  OKU Selatan. Selain itu Pemerintah Provinsi Sumsel, juga merasa senang dan bangga atas keramahan masyarakat OKU Selatan. Intinya teruslah melestarikan budaya dan sifat ramah tamah yang telah ada sehingga akan semakin membuat wisata danau ranau ini akan semakin di gemari oleh Wisatawan. Dan Pemerintah  Provinsi Sumsel akan selalu siap mendukung kemajuan Wisata Danau Ranau ini,” kata H Herman Deru.(OS01)