Mobil Plat Kembar Hebohkan Jagat Maya, Kedua Mobil Diamankan Satlantas Polres OKU Timur

OKU Timur, WartaRepublika.com – Sempat Viral di Media Sosial dan menghebohkan jagat maya, dua unit mobil berwarna hitam yang menggunakan plat nomor kembar BG 1242 YI akhirnya diamankan Satlantas Polres OKU Timur.

Kedua mobil tersebut terjaring saat Satlantas Polres OKU Timur saat melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) di wilayah Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur.

“Setelah kedua mobil ini viral.¬† Kita melakukan KRYD¬† bersama jajaran Polsek Belitang I melakukan kegiatan pemantauan di wilayah Gumawang Belitang dan kedua-duanya termonitor dan kita amankan,” kata Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH didampingi Kasat Lantas AKP Lastari dan Kasat Reskrim AKP Hamsal, Sabtu (01/07/2023).

Setelah diamankan, Kata Kapolres, pihaknya akan melakukan pemeriksaan surat -surat kendaraan kedua kendraan tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan sementara ternyata ada salah satu yang kita curigai kendaraan ini memiliki surat aspal atau asli tapi bahkan palsu ya. Untuk memastikannya kami akan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan lanjutan,” jelasnya.

Menurutnya, setelah melakukan pemeriksaan omor mesin lanjut Kapolres, ternyata ada yang berbeda Nomor Kendaraan (Noka)  dan Nomor Mesin (Nosin) yang salah satu kendaraan dengan STNK-nya berbeda.

“Setelah kita cek, terkait identifikasi ternyata yang ada yang asli memang betul datanya ada di samsat OKU Timur dan yang diduga menggunakan plat palsu yang tidak sesuai identitas dari kendaraan ini terdata berdasarkan nota denoksinnya itu di samsat di wilayah Lampung Utara,” jelasnya.

Untuk itu Kapolres menghimbau, masyarakat untuk berhati-hati apabila melakukan jual beli kendaraan bermotor.

“Lakukan pengecekan terlebih dulu, surat-suratnya STNK dan BPKP harus cek. Lakukan pengecekan ke Samsat terdekat ya nanti akan dilihat fisiknya dilihat suratnya akan dicocokkan,” tegasnya.

Bahkan, pihaknya telah mendapat informasi banyak di OKU Timur ini beredar kendaraan-kendaraan yang tidak memiliki dokumen yang mungkin juga palsu bahkan banyak kendaraan yang istilahnya surat sebelah kita akan tertibkan.

“Ini akan saya jadikan momentum untuk bisa menjadikan wilayah hukum Polres OKU Timur ini terbebas dari adanya peredaran eee kendaraan-kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat yang sah. Saya mengajak warga Kabupaten OKU Timur ya mari kita membeli kendaraan yang sah tentunya jangan sampai nanti kita menjadi korban ya jangan terimiming-iming harga murah ya nantinya takutnya  terlibat apabila kendaraan tindak pidana,” ujarnya.