Miris, Oknum Kades di OKU Timur Dalangi Sejumlah Kasus Perampokan

OKU Timur, Wartarepublika.com – Satreskrim Polres OKU Timur di back up Jatanras Polda Sumsel berhasil menangkap oknum Kepala Desa (Kades) yang mendalangi sejumlah kasus perampokan diberbagai wilayah lintas Kabupaten Sumatera Selatan.

Diketahui oknum Kades tersebut adalah Elwani (47) yang masih aktif menjabat sebagai Kades Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur. Elwani ditangkap di rumahnya pada Minggu (16/02/2020) sekitar pukul 02.00 WIB.

Salah satu kasus perampokan yang di dalangi Elwani terjadi 4 tahun lalu berdasarkan, LP-B/28/XI/2016/OKUT/CMPK TGL 29 NOP   2016, dengan korban H Bustam (54) warga Desa Tanjung Kukuh Kecamatan Semendawai Barat.

Komplotan perampok bersenpi yang berjumlah 10 orang tersebut masuk ke rumah korban dengan cara merusak pagar seng belakang rumah dan menodongkan senpi kepada dua orang penjaga rumah, kemudian kedua penjaga rumah tersebut diikat dengan tali serta mulut disumpel dengan pakaian. Dengan mendobrak pintu rumah korban  perampok berhasil masuk.

Baca Juga :
Bawa Sajam, Pemuda Ini Ditangkap Polisi

Kemudian komplotan perampok ini mengikat dan mengancam kedua pembantu korban. Selanjutnya kawanan perampok bersenpi ini mendobrak pintu kamar korban lalu Pelaku mengancam korban dan istrinya dengan Senpi dan mengikat keduanya dan memaksa korban untuk menunjukan brangkas yang berisi perhiasan dan uang. Para prampok tersebut berhasil menggasak uang Rp 100 juta dan 100 suku emas. Setelah melakukan aksi kejahatan komplotan perampok ini pergi melalui pintu belakang. 

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya, SH. SIK didampingi Waka Polres Kompol Erwin Manik dan Kasat Reskrim AKP M Ikang Ade Putra mengatakan Komplotan perampok yang didalangi Elwani oknum Kades Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur yang terkenal sadis kepada para korbannya.

Baca Juga :
Buron Dua Tahun, Pelaku Penodongan Ini Akhirnya tertangkap

“Elwani ini biang kerok, dia memiliki tiga orang adik laki-laki yang semuanya menjadi pelaku perampokan bahkan membunuh korbannya apabila melakukan perlawanan,”kata Kapolres saat Konferensi Pers pada Selasa (18/02) dihalaman Mapolres OKU Timur.

Kapolres menambahkan sebelum Elwani tertangkap terlebih dahulu Polisi menangkap dua anggota komplotan perampok yakni Ageptal (28) warga Desa Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur di Kawasan Bekasi, Senin (10/02/2020)dan Makmun warga Dusun 3 Desa Cahaya Tani Kuta Pandan Rt 006 Kecamatan Lempuing, ditangkap di atas Gunung di Desa Pelangki Kabupaten OKU Selatan. 

“Kedua pelaku Ageptal dan Makmun ditembak karena memberikan perlawanan kepada petugas saat hendak ditangkap,”pungkasnya. (WK)