Meski Sempat “Ngaret” Festival Seni dan Budaya Pelajar SMK se-Sumsel 2021di OKU Timur Resmi Dibuka

OKU Timur, WR – Meski sempat ngaret dari waktu yang ditentukan karena menunggu kehadiran Bupati,  Festival Seni dan Budaya pelajar SMK se-Sumsel tahun 2021 yang diadakan di Kabupaten OKU timur akhirnya resmi dibuka secara langsung oleh orang nomor satu di Bumi Sebiduk Sehaluan. Pewakilan  siswa siswi SMK di 17 Kabupaten Kota berkumpul di OKU Timur menunjukan seni budaya serta kereasi mereka kedalam Festival ini yang di selenggarakan di Kota Martapura, OKU Timur, Jum’at (15/10/2021) sekira pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan pantauan dilapangan selain dihadiri Bupati OKU Timur H.Lanosin S.E tampak pula hadir Wakil Bupati HM Adi Nugraha Purna Yudha SH OKU Timur dan Ketua Panitia pelaksana provinsi Sumatera selatan  Drs H.Riza Pahlevi M.M.

DRS H Riza Fahlevi mengatakan, Festival Seni dan Budaya pelajar  SMK se Sumsel ini diikuti oleh  400 peserta utusan dari SMK yang ada di berbagai Kabupaten di Sumatera Selatan.

“Selain peserta dan pendamping, kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala SMK Negeri dan Kepala SMK swasta. Sedangkan untuk pesertanya berasal dari pelajar SMK yang merupakan perwakilan dari 17 Kabupaten / Kota dì Sumsel,” jelasnya.

Lebih lanjut Drs Riza menerangkan, di dalam acara tersebut terdapat rangkaian perlombaan yang di lombakan diantaranya, festival band antar smk, tari tradisional, pidato bahasa daerah, busana daerah modifikasi, lomba cipta lagu mars sumsel (maju untuk semua), busana karnaval dan karnaval. Pelepasan festival karnaval ini nanti rencananya akan langsung dilepas oleh Gubernur Sumsel.

Baca Juga :
Lanosin Siap Kibarkan Lemkari di Sumsel

Sementara itu dalam sambutannya Bupati OKU Timur meminta maaf atas keterlambAtannya menghadiri acara tersebut yang diagendakan pada pukul 09.00 WIB namun karena keterlambatannya acara harus dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Bupati Ogan Komering Ulu Timur  H Lanosin ST mewakili Gubernur  Sumatera  Selatan H Herman Deru kemudian membuka langsung Festival Seni Budaya Pelajar SMK Se Sumatera Selatan Tahun 

Bupati OKU Timur  mengatakan, dalam berbagai kesempatan Gubernur Sumatera Selatan selalu memberikan tantangan kepada SMK di Sumatera Selatan untuk selalu melakukan inovasi baik di bidang teknologi maupu non teknologi tujuannya tidak lain agar SMK di Provinsi Sumatera Selatan benar-benar menjadi pendidikan Vokasi yang mampu menjawab tatantangan jaman, tuntutan dunia industri, dunia kerja dan dunia usaha, berharap juga tenaga pendidik SMK untuk juga dapat berinovasi

” Festival Seni budaya Pelajar SMK se Sumatera Selatan ini pada dasarnya dapat membina dan meningkatkan kreatifitas siswa, jiwa senin, nilai nilai tradisi dan membangun karakter bangsa serta mengembangkan sifat kompotitif dalam diri siswa. Selain itu Festival ini dapat berfungsi sebagai wahana dan sarana promosi unjuk kebolehan serta minat dan bakat siswa kepada dunia usaha dan industri khususnya  ekonomi kereatif,” ucap Enos.

Baca Juga :
Tujuh Sekolah Dapat Adiwiyata, DLH OKU Timur Juga Targetkan Raih Piala Adipura ke Sembilan

Enos melanjutkan, kegiata festival seni budaya pelajar SMK se Sumatera Selatan ini juga dapat di jadikan salah satu kompenen penting dalam pelajaran siswa ntuk membentuk karakter peserta didik SMK dan bisa mengapresiasi seni budaya dan cinta dengan seni budaya sendiri yaitu seni budaya Sumatera Selatan.

Enos mengatakan, Seni sendiri fungsinya dapat mengali talenta dan dapat  memanfaatkannya untuk memperkaya potensi diri dari peseta didik. Kita juga ingin memperlihatkan bahwa anak anak SMK yang bertalenta di bidang seni, selain berkarya mereka juga berprestasi dan memiliki budi pekerti yang baik.

“Sebagai Sebuah Perlombaan tentunya ada yang menang dan kalah Kepada Para Pemenang agar tidak tinggi hati, bagi yang kaah jangan berkecil hati. Sebab kekalahan adalah kesuksesan yang  tertunda,” ujarnya.

Dalam Kesempatan itu juga Bupati OKU Timur H Lanosin ST memberikan dua unit kendaraan untuk di perbaiki atau di modivikasi oleh pelar SMK untuk dapat di pergunakan dalam ber inovasi. (Riva)