Kondisi Lapak Pedagang Pasca Dibongkar Pengelola PTM Serelo

Lapak Pedagang PTM Serelo Lahat Dibongkar Pengurus Pasar Pasca Aksi Damai Jilid Dua

Lahat, Wartarepublika.com – Aksi damai jilid dua yang dilakukan oleh Persatuan Pedagang PTM Serelo Lahat Selasa silam berdampak negatif bagi para pedagang. Pasalnya, pasca aksi damai tersebut beberapa lapak pedagang dibongkar oleh pengelola PTM Serelo Lahat dengan alasan melanggar Surat Perjanjian Berjualan / Berdagang pada Kamis (10/09/2020).

Pembongkaran yang dilakukan oleh pengelola pasar ini membuat pedagang yang lapaknya dibongkar tidak bisa berjualan lagi. Tak senang dengan tindakan pengelola pasar, para pedagang akhirnya mengadukan kejadian tersebut ke Kepolisian Resort Lahat dan meminta pihak Kepolisian segera menangkap para pelaku pengrusakan lapak tersebut.

Ditemui dikantornya, Dodo Arman selaku ketua Forum Persatuan Pedagang PTM Serelo Lahat membenarkan hal tetsebut. Sudah 6 lapak yang dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan dilapak yang dirusak tersebut ditempel peringatan bahwa tempat tersebut sedang dalam pengawasan pihak pengelola pasar.

Baca Juga :
Jalan Usaha Tani Rusak Parah, Warga Minta Penjelasan ke BPBD

“Hingga saat ini sudah 6 lapak yang dirusak dan dilapak tetsebut ditempel   kertas yang bertuliskan “TEMPAT INI DALAM PENGAWASAN PENGELOLA PTM SERELO”. Pihak yang mengaku sebagai pengelola pasar juga memberikan surat kepada beberapa pedagang untuk segera mengosongkan lapak jualan mereka. Dalam surat yang ditandatangani oleh Satria Arief Rahmat tetsebut tertulis bahwa jika pedagang tidak mengosongkan lapak mereka maka lapak tersebut akan dibongkar”,  tutur Dodo.

Pengrusakan dan pembongkaran lapak pedagang PTM Serelo Lahat ini disinyalir sebagai imbas dari aksi damai para pedagang pada Selasa (08/09/2020) dihalaman kantor Bupati Lahat. Dalam aksi damai tersebut para pedagang menyampaikan keberatan mereka terhadap retribusi yang dianggap terlalu memberatkan pedagang dan menuntut Pemda Lahat agar segera mengambil alih pengelolaan PTM Serelo Lahat.

Baca Juga :
Jalankan Proker, SMSI Lahat Terima Seragam

Aksi pembongkaran yang dilakukan oleh pihak pengelola PTM Serelo Lahat ini tentu saja membuat cemas para pedagang dan tidak bisa mengais rejeki dari pasar terbesar di Kabupaten Lahat tersebut. (Erwin)