KPU OKU Timur Tetapkan Rapat Umum Hanya Boleh Diikuti 100 Orang

OKU Timur, Wartarepublika.com – Sesuai yang ada untuk masa kampanye Pilkada Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur, Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.Sos mengatakan dalam Rapat Koordinasi Titik Kampanye Atau Bimbingan Teknis Dana Kampanye Dan Aplikasi Dana Kampanye, dilakukan dengan rapat terbatas peserta hanya diperbolehkan 50 orang dan untuk rapat umum 100 orang.

“Rakor bertujuan menentukan titik kampanye, sehingga harus disepakati ada ketentuan untuk rapat terbatas 50 orang dan rapat umum 100 orang, Pada 23 September 2020 dilakukan penetapan pasangan balon menjadi calon dan pada 24 September 2020 pengambilan nomor urut. Tetap harus menerapkan Protokol kesehatan,” ujar Herman Jaya, Selasa (22/09/2020)

Herman juga menyampaikan, untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah tetap pada 9 Desember 2020, Kami dari KPU tetap melakukan tahapan-tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati dan tim pasangan calon untuk mematuhi Protokol kesehatan, Komisoner KPU, Divisi Sosialisasi Parmas SDM Yuliansyah, 26 September hingga 5 Desember 2020 masuk masa kampanye. Namun untuk kampanye ini masih menjadi pembicaraan yang alot di tingkat pusat.

Baca Juga :
KPU Tetapkan Lima Titik Kampanye di Pilkada OKU Timur

“Ada informasi kampanye tidak diperbolehkan namun sampai sekarang belum menerima surat dari KPU RI. Tapi sebagai antisipasi kami tetap melakukan tahapan-tahapan,”katanya.

Akan ada debat publik antar calon tapi untuk pelaksanaannya masih dibahas namun setiap tahapan harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan dilarang melakukan kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak.

“Untuk lokasi kampanye sudah ditentukan dilima zona. Zona I Kecamatan Martapura, Bunga Mayang, Jayapura, BP Peliung, zona II Kecamatan Madang Suku I, Madang Suku II, Madang Suku III, Belitang Madang Raya, Zona III, Kecamatan Semendawai Barat, Cempaka, Semendawai Timur, Semedawai Suku III, Belitang Mulya, Zona IV Kecamatan Belitang, Belitang II, Belitang III, Belitang Jaya, Zona V Buay Madang Timur, Buay Madang, Buay Pemuka Bangsa Raja. Untuk pemasangan APK harus dipasang dititik yang sudah ditentukan, jangan sampai dilanggar karena akan ada sanksi,”tuturnya.

Baca Juga :
KPU OKU Timur Buka Pendaftaran Balonbup OKU Timur

Ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Gupron, menambahkan, mengingatkan KPU untuk melaksanakan tahapan sesuai ketentuan mengingat sudah ada rambu-rambu yang harus dipatuhi. Untuk tim pasangan bakal calon juga harus tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

“Penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati kali ini berbeda dengan sebelumnya karena dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19,”tegasnya.

Staf Ahli Bupati OKU Timur Bidang Pemerintahan dan Kesra Fahrudin, ada beberapa daerah yang kondisi Covid-19 zona merah. Sehingga ada keinginan pihak-pihak tertentu untuk menunda Pilkada.”Tapi untuk OKU Timur mudah-mudahan bisa dilakukan dengan baik,”terangnya.(WK)