KPU OKU Timur Terima Surat Suara 478.676 Lembar

OKU Timur, Wartarepublika.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur menerima logistik surat suara 478.676 lembar untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU Timur tahun 2020, Sabtu (21/11/2020). Surat Suara yang akan digunakan saat pemungutan suara Pilkada serentak 2020 di Bumi Sebiduk Sehaluan pada 9 Desember 2020.

Surat suara yang dicetak oleh PT Temprina Gresik Surabaya Jawa Timur (Jatim) diangkut dengan ekpedisi yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan tempat mencetak surat suara.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI, didampingi Sekretaris KPU OKU Timur H Sutikno, SE, mengatakan, jumlah surat suara yang diterima pihaknya sebanyak 478.676 lembar, dengan rincian surat suara sebanyak  476.676 dan surat suara ulang 2.000 lembar.

Baca Juga :
KPU Pastikan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Sehat Jasmani dan Rohani

“Surat suara dikirim melalui ekspedisi dari perusahaan, kemudian dimasukan ke gudang yang ada di gedung Asrama Haji. Setelah surat suara diterima  dilakukan sortir lipat untuk mengetahui apakah jumlah surat suara sudah cukup apa belum. Langkah selanjutnya di packing sesuai Daftar Pemilih Tetap  (DPT) per Tempat Pemungutan Suara  (TPS),” tuturnya.

Selanjutnya, setelah disortir lipat surat suara dimasukkan ke kotak sebelum  didistribusikan. Pendistribusian surat suara dilakukan secara berjenjang ke  PPK, PPS, KPPS dan dalam pengawalan dari KPU dan dan pihak kepolisian.

Baca Juga :
Untuk Tingkatkan Kemampuan Pengelolan Keuangan KPU OKU Timur

“Antisipasi jika terjadi kekurangan langsung membuat  berita acara ke perusahaan untuk dilakukan penambahan,” jelasnya

Dia menambahkan surat dan kota suara dibungkus dengan plastik sehingga lebih aman. Saat distribusi menggunakan truk dikawal petugas dari KPU dan Polisi.

“Berdasarkan pengalaman wilayah Semendawai Timur yang sulit  dijangkau dampak kondisi. Namun sekarang jalan sudah bagus sehingga mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pendistribusian surat suara,” tungkasnya.(WK)