Kholid Sambut Baik Program Bupati Way Kanan, Lanudad Gatsu Way Tuba Jadi Landasan Komersil

wartarepublika.com, OKU Timur – Bupati OKU Timur, H.M. Kholid Mawardi, menyambut kedatangan Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya beserta rombongan dalam kunjungan kerja pembentukan tim percepatan pemanfaatan pangkalan udara angkatan darat Gatot Subroto sebagai penerbangan sipil di Bina Praja I Setda OKU Timur, Selasa (09/10/2018).

Dalam sambutannya, Bupati OKU Timur Kholid Mawardi mengatakan, Pemerintah Kabupaten OKU Timur menyambut baik program Kabupaten Way Kanan untuk menjadikan Landasan Gatot Subroto menjadi landasan komersil dan Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur juga siap memberikan dokumen-dokumen pendukung guna menunjang persyaratan percepatan pemanfaatan Landasan Lanudad menjadi Landasan Komersil.

“Saya sangat berharap program pengembangan percepatan transportasi antara kedua Kabupaten ini berhasil, sebab transportasi udara ini akan menjadi salah satu pilihan masyarakat Kabupaten Way Kanan, OKU Timur dan Kabupaten yang berada di sekitar,” kata Kholid.

Menurut Kholid, Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten OKU Timur merupakan dua kabupaten yang punya banyak kesamaan, bahkan ada satu desa yang berdekatan dan sangat ramai namun dalam pengurusan administrasi pemerintahan dan kependudukan bisa beda.

“Kabupaten OKU Timur ini satu tipe dengan kabupaten Way Kanan, atas dasar itu saya sangat optimis upaya untuk meningkatkan perekonomian dua kabupaten ini bisa terwujud salah satunya dengan peningkatan akses transportasi,” ujar Kholid.

Sementara, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur yang siap mendukung terkait dengan percepatan pembangunan Landasan Udara Angkatan Darat menjadi landasan komersil.

“Program ini sudah lama,dari Bupati Way Kanan sebelumnya dan sekarang giliran saya untuk memperjuangkannya,” ucap Adipati.

Dikatakan Adipati, Percepatan pemanfaatan Landasan Udara Angkatan Darat menjadi pangkalan komersil dibutuhkan kerjasama dan sinergitas yang baik antara Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, pihak Lanudad, pihak Skadron 12/Serbu, Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKU Selatan.

“Selama ini kita masih berjalan sendiri sendiri memperjuangkan program ini, namun sekarang kita buat tim karena kita tidak bisa bekerja sendiri. Atas nama Pemda Way Kanan, Saya berharap kepada Pemkab OKU Timur untuk siap memberikan dukungannya terutama terkait dengan dokumen pendukung program percepatan ini, agar dapat segera kita rasakan manfaatnya bersama”, kata Adipati.

Diketahui, rencananya akan dilakukan penambahan landasan pacu (runway) dari 2.100 meter menjadi 2.400 meter agar pesawat jet bebadan sedang dapat mendarat di Landasan Udara Gatot Subroto dengan rute yang disipkan yaitu Jakarta – Way Tuba – Palembang.

Selama ini, Bandara Gatot Subroto hanya didarati oleh pesawat berjenis Hercules. Maskapai Susi Air pernah melayani rute Way Tuba namun tidak beroperasi lama. Potensi penumpang berdasarkan survey yang dilakukan pada tahun 2011 sebanyak 40 orang perharinya dengan potensi penumpang berasal dari Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Barat, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Ogan Komering Ulu Timur. (adv)