Kapolres OKU Selatan Pimpin Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat Musi 2023

OKU Selatan Sumsel,WartaRepublika.Com- Kapolres OKU Selatan AKBP Indra Arya Yudha pimpin apel gelar pasukan OPS Ketupat Musi 2023 yang dilaksanakan dihalaman Mako Polres OKU Selatan, Senin (17/04/2023).

Apel pasukan ini turut dihadiri Wakil Bupati OKU Selatan, Sholihin Abu Asir, Kajari OKU Selatan, Kasat Pol PP, Kadinkes, Kepala BPBD, Dandim 0403 OKU diwakili Pabung dan Danramil Muaradua, serta Para Pejabat Utama (PJU) Polres OKU Selatan.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres OKU Selatan AKBP Indra Arya Yudha mengatakan, apel gelar pasukan OPS ketupat musi 2023 di selenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema “Pengamanan Idul Fitri 1444 H Guna Memperlancar Arus Mudik dan Arus Balik”

“Mudik aman berkesan, wujud sinergi Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H/2023,” ungkapnya.

Dikatakan Kapolres, Operasi Ketupat Musi tahun 2023 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari 18 April hingga 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD pada 10 hingga 16 April 2023 dan dilanjutkan pasca operasi 02 sampai 9 Mei 2023.

Operasi ketupat Musi 2023 ini tambah Kapolres, melibatkan sebanyak 148.261 Personel gabungan yang terdiri dari TNI-POLRI, Kementrian terkait BNPB, BNKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka dan mitra Kamtibmas lainnya.

“Semua personel ini akan menempati 2.787 Pos dengan rincian 1857 Pos Pengamanan, 713 Pos Pelayanan dan 217 Pos terpadu”, jelasnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, selama arus mudik dan arus balik angkutan lebaran tahun 2023/1444 H terdapat pembatasan operasional angkutan barang. 

“Ada klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi, seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk. Dipastikan kendaraan kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri”, terangnya 

Kapolres juga mengatakan, berbagai langkah dalam operasi ketupat musi 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu juga saat arus balik.

Adapun penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yakni laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023 merupakan sebuah kehormatan sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

“Kedepankan langkah langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomi SOP agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan presisi. Pastikan ketersedian pribadi sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pospam posyan maupun pos terpadu”, tegasnya 

Ditambahkan Kapolres, berbagai langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada saat arus balik. Pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalin terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat.

Serta lakukan penguatan komunikasi publik baik menggunakan media TV- Radio Nasional maupun lokal serta media streaming Polri TV- Radio dan melibatkan toga tomas, influencer dan publik figure.

Perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun steak holder terkait, karena hal itu merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel serta seluruh steak holder yang terkait pada pelaksanaan operasi Ketupat 2023,”pungkasnya.

Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Musi 2023. Kegiatan dilanjutkan dengan acara pemusnahan barang bukti berupa miras dan petasan hasil OPS Pekat Musi 2023. (Red)