Inggris Singkirkan Swedia 2-0 dan Melangkah ke Semifinal Piala Dunia 2018

Wartarepublika.com – INGGRIS lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Swedia 2-0 di perempat final, Sabtu (7/7/2018).

Langkah Inggris untuk meraih gelar juara dunia semakin dekat.

Menurut pelatih timnas Inggris Gareth Southgate, langkah Inggris hingga ke perempat final bukti bahwa ada peluang emas di depan mata.

Maka ia pun terus mengingatkan para pemainnya untuk tidak membuang kesempatan emas tersebut.

Bagi Inggris, ini adalah kali pertama mereka melaju ke semifinal Piala Dunia setelah edisi 1990.

Jika Inggris bisa merebut gelar juara, maka penantian selama 52 tahun berakhir.

Terakhir kali Inggris merebut gelar juara dunia pada tahun 1966.

“Kami merasa kami mendominasi pertandingan hari ini. Kami memang sedikit ceroboh jelang akhir babak kedua. Kami tahu apa yang harus kami lakukan. Mengatur permainan adalah hal besar. Umpan silang dari Jesse (Lingard) ke Dele (Gol kedua) sudah kami lakukan selama latihan jadi semua berkat pelatih para pemain yang berhasil melakukannya,” ujar Harry Maguire dikutip dari FIFA.

Menghadapi  Swedia yang diprediksi bakal bermain bertahan justru lebih dulu membuat ancaman.

Namun, umpan terobosan yang dilepaskan Sebastian Larsson di menit ketiga masih sulit dijangkau Viktor Claesson karena terlalu kencang.

Di menit ketujuh, giliran Inggris yang melakukan percobaan. Dele Alli mengirimkan umpan terobosan ke arah kotak penalti Swedia.

Sayangnya, Harry Kane tak mampu menyambut umpan tersebut karena terlalu deras.

Swedia masih berani untuk bermain terbuka. Ancaman pun kembali diberikan di menit ke-12.

Claesson melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih melambung tipis di atas gawang Inggris kawalan Jordan Pickford.

Sampai memasuki menit ke-18, belum ada peluang emas yang diciptakan kedua tim.

Baik Swedia maupun Inggris masih berhati-hati dalam membaca permainan. Sampai menit ke-23, gawang Swedia nyaris kebobolan.

Beruntung, kiper Robin Olsen mampu membaca arah bola tendangan Kieran Trippier.

Pada akhirnya, The Three Lions membuat publik di stadion bergemuruh di menit ke-30.

Berawal dari sepak pojok Ashley Young, Harry Maguiere sukses mencetak gol lewat tandukan keras ke arah sisi kanan gawang Swedia kawalan Olsen.

Di menit ke-45, seharusnya Inggris bisa memperbesar keunggulan. Sterling lolos jebakan offside saat menerima umpan. Dua kali dapat kesempatan, dua kali pula ia gagal. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 1-0 Inggris.

Tanpa butuh waktu lama, Inggris langsung menggandakan skor di menit ke-58.

Proses serangan yang dilanjutkan dengan umpan manis Jesse Lingard mampu diteruskan Dele Alli lewat sundulan. Para pemain Swedia melakukan kesalahan dalam menerapkan jebakan offside.

Kebobolan dua gol, Swedia langsung melakukan dua pergantian sekaligus di menit ke-65. Ola Toivonnen dan Emil Forsberg ditarik dan digantikan dengan John Guidetti plus Martin Olsson.

Di menit ke-72, Swedia mendapatkan peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan.

Berawal dari skema serangan balik, Marcus Berg menerima umpan silang dari John Guidetti. Ia mampu mengontrol bola, tapi tendangannya dari jarak dekat mampu ditepis Pickford.

Memasuki menit ke-80, Inggris terlihat tak begitu berambisi untuk mendapatkan gol ketiga.

Bahkan, Southgate juga memasukkan Erick Dier menggantikan Jordan Henderson dengan maksud memperkuat lini tengah. Keunggulan 2-0 Inggris pun sukses dipertahankan.

Susunan Pemain:

Swedia (4-4-2): Olsen; Granqvist, Lindelof, Augustinsson, Krafth (Jansson 85), Larsson, Ekdal, Forsberg (Olsson 65), Claesson, Berg, Toivonen (Guidetti 65)

Pelatih: Janne Andersson

Inggris: Pickford; Young, Walker, Trippier, Maguire, Stones, Henderson (Dier 85), Alli (Fabian Delph 77), Lingard, Kane, Sterling (Rashford 90+1)

Pelatih: Gary Southgate

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Inggris Singkirkan Swedia 2-0 dan Melangkah ke Semifinal Piala Dunia 2018, http://wartakota.tribunnews.com/2018/07/07/inggris-singkirkan-swedia-2-0-dan-melangkah-ke-semifinal-piala-dunia-2018?page=3.

Editor: Dewi Pratiwi