Ikuti Pekan Adat Sumsel 2020,Lembaga Adat OKU Timur Siapkan 5 Utusan

OKU Timur, Wartarepublika.com – Lembaga Pembina Adat Kabupaten OKU Timur akan mengirimkan 5 utusan untuk mengikuti acara Pekan Adat Sumatera Selatan tahun 2020 di Hotel Swarna Dwipa pada 11 November 2020 mendatang, yang didalam acara tersebut diantaranya terdapat rangkaian kegiatan Rembuk Adat. Rencananya kegiatan ini sendiri akan dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru. 

Ketua Umum Lembaga Pembina Adat OKU Timur H. Leo Budi Rachmadi, SE mengatakan, 5 utusan tersebut terdiri 3 dari Pengurus Lembaga Pembina Adat dan 2 dari Sastrawan Komering yang akan mengikuti Lomba Sastra Tutur atau Lisan. 

“Jadi dari lembaga adat OKU Timur akan mengikutkan 5 Orang yang nantinya Akan berpartisipasi dalam sejumlah rangkaian pekan adat Sumsel 2020 ini,” ujarnya dalam Press release Selasa (03/11/2020). 

Baca Juga :
Tegaskan Netral di Pilkada 2020, Lembaga Pembina Adat OKUT Himbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dengan Cerdas

Leo menerangkan, pada saat rembuk adat di acara Pekan Adat ini akan membahas mengenai sejumlah rencana kerja Pembina Adat Sumsel. Diantaranya pembahasan kegiatan yang berkonsep dalam pemberdayaan masyarakat hukum adat. Baik dari sisi sosiologis terutama di sisi yuridis, khususnya Pembuatan Peraturan Daerah Provinsi maupun Peraturan Daerah Kabupaten dan Kota. (sesuai amanah Pasal 18 ayat 2 UUD 1945) yang mensyaratkan harus didasarkan dengan peraturan perundang undangan. 

“Rembuk adat ini akan diikuti perwakilan di seluruh Kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Akhir dari rembuk adat itu akan dirumuskan rekomendasi kepada pihak terkait,” terangnya. 

Baca Juga :
Tegaskan Netral di Pilkada 2020, Lembaga Pembina Adat OKUT Himbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dengan Cerdas

Mantan Ketua KPU OKU Timur 2 periode ini berharap, melalui Rembuk Adat Bumi Bersatu Teguh ini, dapat merumuskan Program Kerja untuk menentukan agenda aksi kedepan seperti konsolidasi Lembaga Adat Sampair Desa/Kelurahan, Pakaian Adat Provinsi, Adat dan Budaya Masuk Muatan Lokal di Sekolah Dasar dan Menengah. 

“Pekan Adat kedepan diharapkan pula Bisa Kabupaten / Kota dapat menjadi tuan Rumah penyelenggaranya, sehingga setiap pengurus adat disetiap daerah yang ada di Sumsel dapat berpartisipasi penuh dalam kemajuan dan Kelestarian terhadap adat budaya yang ada,” pungkasnya. (Jeff).