Hajar Panama 6-1, Inggris Temani Belgia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Wartarepublika.com – INGGRIS melakoni laga keduanya di Grup G Piala Dunia 2018 saat berjumpa tim debutan Panama pada Minggu (24/6/2018) pukul 19.00 WIB di Stadion Nizhny Novgorod.

Harry Kane dan kawan-kawan sudah unggul 5-0 di babak pertama dan mengakhiri laga dengan skor 6-1 kemenangan Inggris atas Panama

The Three Lions sudah langsung unggul 1-0 saat laga baru berjalan 8 menit lewat sundulan John Stones memanfaatkan umpan sepak pojok Kieran Trippier.

Para pemain Inggris merayakan golnya ke gawang Panama pada kedua Grup G Piala Dunia 2018, Minggu (24/6/2018) di Stadion Nizhny Novgorod. (Foto: Squawka)
Para pemain Inggris merayakan golnya ke gawang Panama pada kedua Grup G Piala Dunia 2018, Minggu (24/6/2018) di Stadion Nizhny Novgorod. (Foto: Squawka) ()

Di babak pertama Inggris benar-benar mengurung pertahanan Panama dengan total penguasaan bola mencapai 64 persen.

Di menit ke-22 Inggris berhasil menggandakan skor, kali ini hasil dari tendangan keras pinalti Harry Kane membawa Inggris unggul 2-0.

Sebelumnya penetrasi Jesse Lingard di dalam kotak pinalti dilanggar Fidel Escobar dan wasit tidak perlu bantuan VAR untuk memberi keputusan tendangan 12 pas untuk Inggris.

Di menit ke-36 kali ini giliran Jesse Lingard sendiri yang mencetak gol indah dari luar kotak pinalti dan membawa Inggris menjauh 3-0.

Gol dari luar kotak pinalti itu menjadi yang pertama untuk Inggris setelah terakhir kali terjadi di Piala Dunia 2006 hasil tendangan bebas David Beckham ke gawang Ekuador.

Sudah unggul 3-0, anak asuhan Gareth Southgate tidak mengendurkan serangan justru di menit ke-40 John Stones mampu mencetak gol keduanya di laga ini.

Stones memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Raheem Sterling yang ditepis kiper Jaime Penedo dan menambah keunggulan 4-0 untuk Inggris.

Belum puas unggul 4-0, Inggris benar-benar membantai Panama saat di akhir babak pertama Harry Kane mencetak gol keduanya lagi-lagi lewat titik putih.

Penalti diberikan wasit kapten Inggris itu dijatuhkan dan dipukul oleh bek Panama, Anibal Godoy, dengan tenang Kane kembali memperdaya Jaime Penedo.

Sejauh ini Harry Kane sudah mencetak 4 gol dari dua laga, bersaing ketat bersama Cristiano Ronaldo dan Romelu Lukaku sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2018.

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 5-0 Inggris atas Panama.

Memasuki babak kedua, Inggris tidak mengendurkan serangan, sampai di menit ke-62 Kane mencetak hattrick sekaligus mencatatkan namanya di puncak topskor sementara.

Tidak lagi lewat titik putih, kali ini tendangan Ruben Loftus-Cheek dari luar kotak pinalti membentur Kane dan membelokan arah bola kemudian masuk ke gawang Panama sekaligus merubah skor menjadi 6-0.

Pasca gol keenam, Inggris mulai terlihat puas dan mengendurkan serangannya, sementara Panama memainkan bola di lini tengah berusaha membuka peluang.

Dan sejarah pun akhirnya tercipta, Panama mencetak gol pertamanya di Piala Dunia lewat kaki kapten Filipe Baloy yang menyambut umpan tendangan bebas dari Ricardo Avila, skor menjadi 6-1.

Setelah skor 6-1 kedua tim terlihat lebih santai saat menguasai bola, Inggris pun tidak lagi terlihat ingin menambah keunggulannya.

Sampai laga berakhir skor 6-1 untuk kemenangan Inggris tidak berubah dan membawa The Three Lions melangkah ke babak 16 besar menemani Belgia yang sudah memastikan lolos sehari sebelumnya.

Inggris dan Belgia sudah memenangkan dua laga awal kontra Panama dan Tunisia, kedua tim mengumpulkan 6 poin dan sudah cukup untuk memastikan lolos ke 16 besar.

Atas kemenangan besar kontra Panama ini membawa Inggris ke puncak klasemen Grup G unggul selisih gol atas Belgia, keduanya akan memperebutkan juara grup pada laga terakhir 29 Juni nanti.

Susunan pemain kedua tim:

Inggris:

Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Ruben Loftus-Cheek, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane.

Panama:

Jaime Penedo; Michael Murillo, Roman Torres, Fidel Escobar, Eric Davis; Edgar Barcenas, Armando Cooper, Gabriel Gomez, Anibal Godoy, Jose Luis Rodriguez; Blas Perez.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Hajar Panama 6-1, Inggris Temani Belgia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018, http://wartakota.tribunnews.com/2018/06/24/hajar-panama-6-1-inggris-temani-belgia-lolos-ke-babak-16-besar-piala-dunia-2018?page=3.
Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Andy Pribadi