Gelar Razia di Hari Libur, Tim SOC Polres Prabumulih Banyak Temukan Pelanggaran Pengendara Bermotor

PRABUMULIH, WR – Tim SOC (Standby On Call) Polres Prabumulih Polda Sumsel kembali menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan berupa razia terhadap kelengkapan berkendara bagi kendaraan roda dua bertempat di Tugu Air Mancur kota Prabumulih, jalan Jenderal Sudirman, pada Sabtu malam, 07 Januari 2023.

Alhasil kegiatan razia yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman di hari libur kepada masyarakat kota Prabumulih, serta masyarakat umum yang melintas di wilayah kota Prabumulih ini masih banyak menemukan pelanggaran yang dilakukan para pengendara, mulai dari tidak menggunakan helm hingga tidak membawa surat-surat kelengkapan berkendara seperti SIM maupun STNK.

“Kita bisa menyaksikan sendiri bahwa masih banyak para pengendara kendaraan bermotor yang kami dapati tidak menggunakan helm, tidak membawa surat-surat kelengkapan berkendara seperti SIM maupun STNK, dan terlebih masih ditemukannya anak-anak yang di bawah umur sedang mengendarai kendaraan bermotor,” ungkap Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SIK MH melalui AKP Bratanata SE didampingi Kasat Samapta IPTU Hamdani SH selaku Katim II SOC, saat diwawancarai usai razia.

Dijelaskan AKP Bratanata, kegiatan razia dilaksanakan untuk lebih meningkatkan kesadaran para pengendara kendaraan bermotor akan pentingnya tertib berlalulintas serta menekan angka jumlah kecelakaan yang terjadi di kota Prabumulih.

“Selain itu, razia rutin ini juga untuk antisipasi pelaku kejahatan tindak pidana 3C (Curat, Curas dan Curanmor), Peredaran Narkoba, Miras, Kepemilikan Senpira, Sajam serta antisipasi Kejadian Menonjol dan Gangguan Kamtibmas lainnya,” sambung Bratanata.

ā€¯Sayangilah nyawa anda karena kecelakaan lalulintas kapan saja dan di mana saja bisa terjadi sehingga kami selalu mengimbau kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor untuk tetap mematuhi peraturan dalam berlalulintas seperti selalu menggunakan helm dan lengkapi surat-surat berkendara anda serta kepada para orang tua untuk selalu mengawasi buah hatinya apabila belum cukup umur untuk berkendara agar diberitahukan serta diingatkan,” tegas dia.

Tampak pelaksanaan razia rutin yang dipimpin langsung oleh AKP Bratanata SE ini juga diikuti oleh beberapa Perwira dan Bintara Polres Prabumulih lainnya. (SMSI Prabumulih)