“Door” Begal Bersenpi Tersungkur Ditembak Polisi

OKU Timur, Wartarepublika.com – “Door” Tembakan petugas menghentikan pelarian HG (21), petani asal Desa Sribunga Kecamatan BP Bangsa Raja Kabupaten OKU Timur. HG tersungkur ketanah setelah satu timah panas yang di tembakkan petugas tepat mengenai kaki kanan HG, Selasa (29/09) sekira pukul 15.00 WIB.

HG merupakan tersangka kasus pencurian dengan kekerasan (begal-red) yang dilakukan oleh AD (telah tertangkap dan menjalani hukuman) bersama 3 orang pelaku lainnya.

Pembegalan yang dilakukan HG dan komplotannya terjadi pada hari minggu tanggal 24 mei 2020 sekira pukul 03.30 WIB. Saat itu korban berangkat dari  tempat kerja di Desa pembangunan Kecamatan madang suku II Kabupaten OKU Timur dan hendak pulang ke rumah anaknya yg berada di Kabupaten Way Kanan  Provinsi Lampung. 

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon melalui Kasat Reskrim AKP I Putu Suryawan didampingi Kasubbag Humas AKP Hamdan Mahyudin menerangkan, ditengah perjalanan, tepatnya di jalan raya Desa Pandan Agung Kecamatan Madang Suku II Kab OKU Timur, korban  disalip dan di berhentikan secara paksa oleh 2 orang tersangka yang tak dikenal dengan  mengendarai sepeda motor N Max dan di ikuti oleh tersangka yg lain mengendarai sepeda motor supra x 125. 

Baca Juga :
Curi Motor, Aman Diamankan Polisi

“Korban  dipaksa berhenti oleh  kedua tersangka yang mengendarai sp motor supra x 125 langsung merebut kontak motor yg dikendarai oleh korban. Salah satu teman tersangka menodongkan senjata api terhadap korban, kemudian tersangka langsung membawa sepeda motor korban  ke arah Desa Sribunga.Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian  1 unit sepeda motor. Ditafsir dengan uang kira-kira Rp 5.000 000 (lima juta rupiah ). Setelah itu korban langsung ke Polsek Madang Suku II melaporkan peristiwa tersebut untuk ditindak lanjuti secara hukum,” ungkap AKP Hamdan.

AKP Hamdan melanjutkan, pada hari selasa tanggal 29 september 2020 sekira pukul 15.00 WIB, berdasarkan hasil penyelidikan oleh Tim SW Polres OKU Timur, didapat  informasi bahwa  DPO An  HG diketahui keberadaannya  oleh Tim SW di Desa Mangulak Kecamatan Madang Suku I Kabupaten OKU Timur.

Baca Juga :
Tingkatkan Kamtibmas, Polres OKU Timur dan Polsek Jajaran Gelar Razia Gabungan

“Dari informasi tersebut, Tim SW Reskrim Polres OKUT langsung melakukan pengintaian dan saat dijalan Desa Mangulak, benar saja terlihat tersangka   HG sedang mengendarai sepeda motor dan Tim SW langsung melakukan pencegatan dan melakukan upaya penangkapan terhadap tersangka,” lanjutnya.

Saat dilakukan upaya penangkapan, tersangka sempat melakukan perlawanan terhadap anggota dengan cara tersangka mendorong anggota hingga anggota terjatuh di dalam semak belukar dan kemudian tersangka melarikan diri menuju semak semak dan terjadilah kejar kejaran anatara petugas dan tersangka.

“Akhirnya tersangka jatuh akibat tindakan tegas dan terukur oleh Tim SW. Tersangka terkena tembakan pada kaki kanan. Setelah tersangka dapat diamankan tim SW langsung membawa tersangka kerumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis. Setelah itu tersangka dibawa ke Polres OKU Timur guna diproses sesuai hukum yg berlaku,” pungkas AKP Hamdan.