Darma Buana, Desa Wisata Pertama di OKU Timur

WartaRepublika.Com, OKU Timur – Desa Darma Buana merupakan salah satu desa di Kabupaten OKU Timur yang berpenduduk mayoritas beragama Hindu Bali. Desa Darma Buana nampak sekilas seperti desa-desa di Provinsi Bali pada umumnya dengan dijumpainya pura disetiap sudut rumah penduduknya dan juga sendi sendi kehidupan masyarakatnya berpegang adat istiadat yang sangat kuat. Setiap tahunnya di desa yang merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Belitang II ini digelar Festival Ogoh-Ogoh dan setiap lima tahun diadakan kegiatan Ngaben Massal yang diikuti oleh masyarakat diluar daerah OKU Timur.

Dalam setiap perayaan acara adat, desa Darma Buana kerap menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan tak jarang, sejumlah tamu dari kalangan pejabat hadir. hal inilah yang membuat desa yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan seniman ini layak dijadikan destinasi desa wisata dan tujuan wisatawan lokal mauoim luar daerah.

Selain itu, kini desa yang digadang-gadang akan menjadi desa wisata pertama di Kabupaten OKU Timur itu kian bersolek mempercantik dirinya dengan membuat taman desa yang terletak di pinggiran sungai Belitang memanfaatkan lahan tanah desa seluas 2500 m2.

Menurut salah warga, I Made Herman Susilo, taman yang dibangun dipinggiran sungai Belitang tersebut merupakan taman kedua yang dibangun atas inisiatif warga setempat untuk memperindah wajah desa.

“Ini taman kedua, di Desa Darma Buana ini ada dua buah taman dibangun memakai dana swadaya dari warga, dibangun diatas tanah desa,” katanya kepada awak media.

Taman desa yang dibangun sekarang, ujar Made, belum sepenuhnya rampung mengingat dana yang tidak memadai, namun akan terus diusahakan sampai benar-benar selesai sehingga bisa dipergunakan oleh warga setempat maupun dari luar daerah untuk tempat tujuan wisata atau sarana rekreasi keluarga.

“Jika dana hasil swadaya nanti berlebih, direncanakan oleh warga untuk membeli perahu motor untuk rekreasi air, jadi pengunjung bisa menikmati suasana yang berbeda diatas perahu motor yang akan membawa mereka menyusuri sungai belitang,” ujarnya.

“Kami sebagai warga berharap, nantinya desa Darma Buana ini akan menjadi desa wisata di Kabupaten OKU Timur dan menjadi tujuan wisatawan lokal maupun luar daerah untuk berkunjung kesini, mungkin baru desa kami di OKU Timur yang bergiat memperindah wajah desa memakai dana swadaya,” ujarnya lebih lanjut.

Sementara, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD OKU Timur Sugeng SE ketika dimintai tanggapan terkait keinginan warga setempat untuk menjadikan Desa Darma Buana menjadi Desa Wisata mengatakan, sangat mendukung keinginan warga tersebut dikarenakan desa Darma Buana sudah layak dipertimbangkan oleh pemerintah daerah menjadi desa wisata.

“Saya sangat mendukung keinginan warga tersebut, nantinya akan kita masukkan dalam usulan fraksi saat rapat di DPRD. Desa Darma Buana ini bisa dijadikan percontohan karena pemanfaatan dana desanya juga baik semua jalan desa dibangun belum lagi warganya sangat inisiatif sekali ikut membangin sarana prasarana desa seperti taman dengan menggunakan dana swadaya,” pungkasnya. (Jeff)