Pelaku dan Barang Bukti Kayu Balok yang Digunakan Pelaku Saat Melakukan Aksi Kejahatannya

Curi Motor Milik Tetangga, Resedivis Kambuhan Ditangkap Polisi

OKU Timur, Wartarepublika.com — Rubai (27) Seorang residivis kambuhan asal Desa Kumpul Rejo ditangkap oleh Team Opsnal Polsek Buay Madang Timur bersama Tim Resmob Satreskrim Polres OKU Timur atas dugaan kasus pencurian dengan pemberatan atas korbannya Nurcholis (38) yang merupakan tetangga warga satu desa tempat Rubai tinggal, Senin (25/01) sekira pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan catatan kepolisian, Rubai pernah menjalani hukuman di lapas martapura dengan kasus yang sama pada tahun 2018 silam. Namun sepertinya hukuman penjara tersebut tidak membuat Rubai jera. Pada bulan Juni tahun 2020 tahun lalu, Rubai kembali beraksi bersama dua orang rekannya mencuri sepeda motor milik warga yang masih terbilang tetangganya sendiri.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon melalui Kasat Reskrim AKP I Putu Suryawan dan Kapolsek Buay Madang Timur IPTU Alimin didampingi Kasubbag Humas IPTU Edi Arianto membenarkan penangkapan tersebut. 

“Pada bulan Juni tahun 2020 sekira pukul 14.00, pelaku bersama dua orang rekannya diduga telah melakukan pencurian dirumah Nurcholis warga Desa Kumpul Rejo saat korban tidak berada di rumah dengan cara mencongkel jendela rumah korban,” ungkap Kasubbag Humas.

Baca Juga :
Beli Handphone Curian Warga Baturaja Timur Dibekuk Polisi

Setelah herhasil mencongkel jendela rumah korban, ketiga pelaku masuk dan berhasil membawa dua unit sepeda motor milik korban.

“Korban yang baru saja pulang dari rumah keluarganya di Tugu Mulyo mendapati jendela rumahnya telah terbuka dan teralis jendela dalam keadaan rusak. Selanjutnya korban memeriksa kedalam rumah dan ternyata dua unit sepeda motor miliknya telah hilang. Atas kejadian tersebut korban melapor ke Polsek Buay Madang Timur,” jelasnya.

Berdasarkan laporan tersebut, Team Opsnal Polsek Buay Madang Timur dibantu Team Resmob Satreskrim Polres OKU Timur melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap para pelaku.

Kerja keras petugaspun mendapatkan hasil. Pada hari Senin tanggal 25 Januari 2020 sekira pukul 14.00 WIB, petugas yang dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Buay Madang AIPTU Jumaidi berhasil menangkap salah satu terduga pelaku bernama Rubai saat tengah bekerja menjadi kuli bangunan tanpa perlawanan.

Baca Juga :
Sembilan Tahun DPO, Pelaku Perampokan Ditembak Polisi

“Berdasarkan hasil pemeriksaan sentara terhadap Ruba’i, pelaku mengakui telah melakukan pencurian di rumah Nurcholis dengan cara mencongkel jendela rumah korban dan mendobrak teralis jendela tersebut menggunakan sebuah balok kayu,” tuturnya.

Saat ini pelaku beserta barang bukti berupa satu buah kayu balok yang di duga dijadikan alan saat melakukan pencurian dan dua unit sepeda motor milik korban telah diamankan di Polsek Buay Madang timur guna proses hukum lebih lanjut.

“Pelaku diancam dengan pasal 363 KUHP tentang tindka pidana pencurian dengan pemberatan. Dan saat ini petugas tengah melakukan pengejaran terhadap dua orang pelaku lainnya yang telah dikantongi identitasnya,” pungkas Kasubbag Humas. (Rilis Polres OKU Timur)