Cegah Campak, Dinkes OKU Timur Kampanye Imunisasi Measles Rubella

wartarepublika.com, OKU Timur – Dinas kesehatan oku timur mengelar kampanye imunisasi meales rubella(MR), tahun 2018 yang diadakan di SD Negeri 20 Martapura, kamis(02/08/2018) sekiranya pukul 08:30 WIB.

Dalam Sambutannya Bupati OKU Timur HM. Kholid Mawardi mengatakan, “Imunisasi campak dan rubella bertujuan sebagai upaya pencegahan terjadinya cacat atau kelainan bawaan kepada anak-anak,” Ungkap Bupati OKU Timur.

Selain itu Kepala Dinas Oku Timur, dalam sambutan dr Erly yani Menyampaikan,  di awal bulan agustus rencananya akan di adakan di sekolah-sekolah mulai PAUD sampai tingkat SMP. Sedangkan di akhir bulan agustus jika belum mencapai target 100% akan dilakukan Swipping atau menyusuri anak-anak yg belum di imunisasi. Dibulan september akan diadakan dipelayanan posyandu atau pos pelayanan imunisasi agar mencapai target pemerintah pusat 90% untuk di Oku Timur.

“data anak yg sudah terkumpul sebanyak _+ 7000 anak sudah di imunisasi di Oku Timur, untuk total sasaran dikabupaten Oku Timur saat ini berjumlah 181.708 orang,dari umur 9 bulan sampai 15 tahun,” Ungkapnya.

“kebanyakan dari anak yg tidak di imunisasi akan terkena campak dengan gejala nimoni atau diare. sedangkan untuk rubella sendiri akan menyerang pada ibu hamil pada anak yg dikandung. gejala setelah melahirkan akan terkena kongeta syndroum, misalnya tuli, katarak,mikrotepal (istilah kedokteran) otaknya kecil atau motoriknya terganggu, ” Tambahnya.

“harapan kedepan dengan adanya imunisasi meales rubella semua anak-anak yg ada di Oku Timur sudah terbatas dari campak dan rubella, “untuk mensukseskan imunisasi tersebut harus ada dukungan dari segala pihak dan recorder, ” Harapannya. (my)