Caleg yang Tidak Memenuhi Syarat, Dinyatakan Gugur

Wartarepublika.com,OKU Timur –
Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Oku Timur Laksanakan Sosialisasi Tahapan Pencalonan Anggota DPR dan Penetapan Daftar Calon Tetap(DCT) dalam pemilihan umum TA 2019,di Aula bina praja II, Selasa(18/9/2018)sekiranya pukul 09.00 Wib.

KPU Menyatakan Caleg gugur dari pencalonan lantaran tidak memenuhi syarat,satu diantaranya mengundurkan diri dan satu tidak melengkapi dokumen hingga batas waktu yang ditentukan.

Dengan gugurnya bakal calon legeslatif(Bacaleg) itu,total bacaleg yang terdaftar saat ini menjadi 454 orang yang sebelumnya 456 orang,bacaleg yang sudah masuk DCS dipastikan sudah memenuhi syarat sesuai dengan aturan.

Sosialisasi sangatlah penting untuk menetapkan syarat DCT bagi Caleg harus melengkapi surat pengunduran diri dari pekerjaan sebelumnya,yang tadinya Kades,pegawai honoror,BUMN maupun BUMD harus melengkapi syarat tersebut.

Baca Juga :
PPS OKU Timur Dituntut Profesional Dalam Menjalankan Tugas

Seperti yang dijelaskan Komisioner Devisi Teknis KPU selaku penyelenggara Sunarto SP Menjelaskan”rapat sosialisasi tahap caleg oku timur serta validasi data untuk penetapan DCT dalam pemilu 2019,untuk para calon partai akan diberi peringatan bagi yang menggunakan anggaran dari APBN/APBD Untuk segera melengkapi surat pemberhentian dari atasan langsung jangan sampai pada batas waktu belum juga melengkapi berkas pemberhentian dari instansi terkait.”ucapnya.

“jika pada waktu pencalonan dirinya mengundurkan diri,belum ada surat pemberhentian nanti akan dicoret dari Daftar Calon Tetap(DCT).”tambahnya.

Baca Juga :
Temukan Dugaan Money Politic, Caleg dari Golkar Ini Lapor ke Bawaslu

Sosialisasi menginggatkan para Caleg mengenai Batas Akhir untuk segera melengkapi syarat yang sudah ditentukan,untuk penetapan DCT tinggal menunggu kelengkapan Adminitrasi yang merupakan salah satu surat keputusan bupati tentang pengunduran diri dari pekerjaan sebelumnya dan bagi karyawan wajib menyertakan surat pengunduran diri dari perusahaannya.”tegasnya.

Mengenai berkas Caleg yang belum Memenuhi syarat akan ditunggu sampai besok dan rapat penetapan DCT akan dilanjutkan kamis(20/9/2018) Jika masih belum juga melengkapi syarat Caleg dinyatakan mengundurkan diri. (MY)