Bupati OKU Timur Resmikan KPN Mart

OKU Timur, wartarepublika.com – Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T bersama Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. meresmikan minimarket KPN Mart di bawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM dan KPN Korpri.Bertempat di Jl. Raya Lintas Sumatera, Kotabaru Selatan, Kec. Martapura, Rabu (20/04/2022).

Berdasarkan pantauan, turut hadir Ketua TP. PKK dr. Hj. Sheila Noberta, Sp.A. M.Kes., Wakil Ketua TP. PKK Nur Inayah, S.Pd., Sekretaris Daerah Jumadi, S.Sos., Direktur Eksekutif ICSB OKU Timur Hj. Meilinda, S.Sos. M.M., Kepala Cabang Bank Syariah Indonesia, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel, Kepala Pegadaian Cabang OKU Timur, Kepala OPD, Asisten, Camat, Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati.

Dalam laporannya, Ketua KPN Korpri, Didik Riyadi, S.E. menyampaikan, KPN Korpri sejak didirikan tahun 2017 baru efektif di tahun 2018, saat ini anggota mencapai 2000 orang ASN dan aset pengelolaan kurang lebih 5 Milyar. 

“Program kegiatan KPN Korpri diantaranya adalah simpan pinjam, waserda, dan KPN Mart. Potensi simpan pinjam sangat besar, terbukti masih banyaknya pengajuan ASN yg belum dapat direalisasikan,” ujarnya.

Didik melanjutkan, “Saat ini kita menjalin kerja sama denga Bank Syariah Indonesia, Bank Sumsel Babel Syariah dan kedepannya kita akan kerja sama dengan pegadaian terkait kredit logam mulia. Semoga KPN Korpri dapat memberikan manfaat-manfaat seperti permodalan UMKM, menjual produk-produk terjangkau bagi ASN, membuka lapangan kerja baru, dan menjadi tambahan pendapatan koperasi,” jelasnya.

Baca Juga :   Bupati OKU Timur Pimpin Upacra Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Ir. H. Santio mengatakan, Peran koperasi di OKU Timur sangat menunjang ekonomi masyarakat, saat ini terbentuk lebih dari 175 koperasi, tingkat pertumbuhan mencapai 4% pertahun. 

“Tingginya minat berkoperasi di OKU Timur berdampak pada kemajuan koperasi, tabungan koperasi hampir 900 Milyar. Kemudian telah terbentuk kampung koperasi dengan pendapatan hampir 40 milyar di Desa Wanabhakti. Terakhir perlu kami sampaikan bahwa lebih dari 1000 tenaga kerja yang bekerja di bidang perkoperasian,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Direktur Eksekutif ICSB OKU Timur Hj. Meilinda, S.Sos., M.M. menyampaikan, ICSB merupakan lembaga nonprofit dengan misi meningkatkan semangat kewirausahaan. Kehadiran ICSB juga mendorong pelaku UMKM agar lebih maju dan berkembang. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah mendukung keberadaan ICSB di OKU Timur. Besar harapan kami Bupati dapat menghimbau OPD yang mempunyai binaan UKM dapat selaras dengan program ICSB. KPN Mart ini juga sebagai ajang promosi produk UMKM di OKU Timur. Terima kasih juga kepada pengelola yang telah memberikan space untuk pojok UMKM ICSB,” ungkapnya.

Baca Juga :   HKN ke-55, Dinkes OKU Timur Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Sementara itu, Bupati OKU Timur melakukan penyerahan secara simbolis voucher belanja senilai Rp. 50.000 kepada 2000 anggota KPN Korpri didampingi Wakil Bupati OKU Timur dan Ketua ICSB OKU Timur.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T menyampaikan KPN Mart dapat membantu meningkatkan perekonomian, mengatasi pengangguran dan menjadi sentra penjualan oleh oleh di OKU Timur. 

“KPN Mart ini merupakan corporate yang berlandaskan profit. Saya harap TP. PKK dapat menyortir produk UKM yang dapat di jual di KPN Mart ini. Besar harapan saya Koperasi ini tidak hanya di bidang minimarket saja, ada banyak peluang usaha koperasi, seperti kerajinan tangan, produk produk lokal, dan lainnya. Ini merupakan inovasi dari Dinas Koperasi dan KPN Korpri,” Jelas Enos.

Dalam acara tersebut, Bupati OKU Timur membeli 250 voucher senilai Rp. 50.000 yang akan dibagikan untuk tukang ojek, dan 50 voucher untuk tukang becak. Bupati Enos memandatkan Wakil Bupati Yudha sebagai pemrakarsa KPN Mart untuk melakukan launching, dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ketua ICSB Kabupaten OKU Timur yang didampingi TP. PKK Kabupaten OKU Timur. (Jeff)