Bupati OKU Timur Pimpin Upacra Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73

wartarepublika.com, OKU Timur – Peringatan Upaca  Hari Lahir Pancasila yang ke-73 yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati OKU Timur di Martapura, OKU Timur berlangsung hikmat,  Senin (04/06/2018).

Mesipun upacara ini tidak digelar pada 1 Juni 2018, namun tidak mengurangi kehidmatan. Terbukti seluruh rangkaian upacara dimulai dengan pengibaran bendara merah putih. Pembacara teks pencasila, mengheningkatan cipta, pembacan  pembukaan UUD 19 45 serta amanat presiden RI yang dibacakan Irup HM Kholid Mawardi. Selurunnya diikuti dengan seksama oleh peserta upacara.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi yang Bertindak sebagai Inspektur Upacara  membacakan amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo, menegaskan  sampai saat ini, selama 73 tahun, Pancasila telah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama itu juga  Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

Baca Juga :
HUT Korpri, Pemkab OKU Timur Gelar Bakti Sosial

Dan selama 73 tahun, Pancasila menjadi rumah keBhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut Presiden, Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara finansial pada tanggal 18 Agustus 1945.

Baca Juga :
Dinas PU TR OKU Timur Bersihkan Sampah Menumpuk di Sekitar Jembatan

Lebih lanjut Kholid mengatakan,  bangsa yang majemuk yang terdiri dari atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam upacara ini di hadiri dari pasukan dari ASN, TNI, Polri Mahasiswa dan pejar serta para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Timur. (ADV)