Berusaha Melarikan Diri, Jambret Di Dor Polisi

OKU Timur, Wartarepublika.com — seorang pemjambret kawakan yang sering beraksi di wilayah Belitang dan sekitarnya terpaksa dilumpuhkan petugas dengan timah panas karena berusaha melarikan diri saat hendak ditangkap,  Minggu (03/01) sekira pukul 02.30 WIB.

Tersangka bernama HM (23) warga Desa Dabuk Makmur Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten OKI. Penangkapan terhadap tersangka berdasarkan laporan polisi  Nomor : LP – B / 17 / VIII / 2020 / SUMSEL / OKUT / SEK BLT III, Tanggal 20 Agustus 2020.

Alkisah, pada hari selasa tanggal 20 Agustus 2020 sekira pukul 16.30 WIB di jalan Raya kilo 7 Desa Karang Sari Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur  korban bernama AINI  dan keponakanya M. PATHAN  yang masih berusia 4 tahun berboncengan dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat warna putih dengan tujuan hendak mengantar keponakan tersebut pulang ke desa Gumawang.

Ditengah perjalanan tepatnya di jalan raya desa Karang Sari kilo7 tiba-tiba dari arah belakang pelaku berjumlah tiga orang Iaki-kaki mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion warna hitam langsung mendekati korban dan kemudian salah satu pelaku langsung menarik tas yang dibawa oleh korban, sehingga korban terjatuh dari sepeda motor yang dikendarainya dan para pelaku setelah berhasil menjambret atau meminta paksa tas korban kabur ke arah Desa Gumawang.

Baca Juga :
Didapati Miliki Senjata Api, Oknum Kades di OKU Timur Menyerahkan Diri

Atas kejadian tersebut korban kehilangan barang-barang berturga berupa tas yang berisikan uang sebesar Rp. 50.000,- (Limapuluh Ribu Rupiah ) dan akibat terjatuh dari sepeda motor korban mengalami luka patah tangan sebelah kiri sedangkan M. PATHAN mengalami luka lecet pada bagian muka. Kemudian adik kandung korban melaporkan peristiwa naas tersebut ke Polsek Belitang III di Desa Nusa Bakti untuk di tindak lanjuti.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon melalui Kasat Reskrim Polres OKU Timur AKP I Putu Suryawan didampingi Kasubbag Humas IPTU EDI mengungkapkan, berdasarkan laporan tersebut Kasat Reskrim memerintahkan Tim Resmob Satreskrim Polres OKU Timur untuk melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap para pelaku.

Baca Juga :
Ditangkap Polisi, Senjata Api Pelaku Ternyata Hanya Mainan

” Berdasarkan penyelidikan, identitas ketiga pelaku akhirnya dapat diketahui. Satu orang pelaku atas nama HM pun berhasil ditangkap di Desa Campang Tiga Ilir Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur. Pelaku terpaksa diberi tindakan tegas dan terukur karena berusaha melarikan diri saat hendak ditangkap oleh petugas,” ungkapnya. 

Saat ini pelaku telah diamankan di Mapolres OKU Timur guna mempertanggun jawabkan perbuatannya.

” Pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHP tentang tundak pidana pencurian dengan kekerasan. Petugas pun tengah melakukan pengejaran terhadap dua orang tersangka lainnya yang telah diketahui identitasnya,” pungkasnya. (Rilis Polres OKU Timur)