Belum Terhisap Sudah “Tebuang’

OKU Timur, wartarepublika.com – Entah kemalangan atau sebuah keberuntungan, dua orang petani asal Kecamatan Belitang III harus “tebuang” (ditangkap polisi) karena kedapatan menyimpan narkotika jenis sabu – sabu. Rencananya mereka bersepakat akan mengkonsumsi sabu tersebut bersama sama. Namun sayang, pesta sabu yang dimufakatkan tinggal hayalan semata. Kedua petani tersebut ditangkap anggota Satres Narkoba Polres OKU Timur sebelum menghisap barang haram tersebut, Senin (04/07/2022) sekira pukul 12.30 WIB di Desa Nusa Raya Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur.

Kisah berawal saat tersangka AP (37) petani asal Desa Nusa Jaya Kecamatan Belitang III datang kerumah KSY (36) di Desa Nusa Raya Kecamatan Belitang III. Kedatangan AP bertujuan untuk membantu KSY membuat pagar. Namun sebelum membantu KSY, AP terlebih dahulu meminta izin kepada KSY untuk mengkonsumsi sabu. Atas seizin KSY, AP mengkonsumsi sabu dan menyisakan sabu didalam pirek yang dipakai dengan kesepakatan akan digunakan kembali bersa KSY pada sore harinya. 

Baca Juga :   Membuat Ekstasi, Warga OKU Timur Ditangkap Polisi

Kapolres OKU Timur AKBP Nuryono didampingi Kasat Res Narkoba IPTU Bondan Try Hoetomo melalui Kasi Humas IPTU Edi menerangkan, petugas mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya dua orang petani yang akan melakukan pesta sabu di rumah KSY.

“Mendapat informasi dan memastikan informasi itu benar, anggita Satres Narkoba melakukan upaya penangkapan terhadap kedua tersangka. Dan benar saja, pada saat dilakukan penggeledahan ditemukan barang bukti berupa 1 (satu) pirex kaca didalamnya terdapat sisa pakai narkotika jenis sabu dengan berat bruto 1,86 gram, 1 (satu) buah tutup botol plastik beserta pipet plastik,1 (satu) buah jarum, 4 (empat) buah korek api gas yang di dalam tas selempang warna hitam coklat merk eiger yang ditemukan tergantung ditiang belakang rumah KSY,” terangnya.

Baca Juga :   Ditangkap Usai Transaksi, Satres Narkoba OKU Timur Amankan Belasan Gram Sabu-Sabu

Sementara itu Kanit I Satres Narkoba Polres OKU Timur IPDA Solehudin yang berhasil dikonfirmasi lewat pesan whatsaap mengungkapkan, dari hasil interograsi, AP mengakui sabu tersebut miliknya yang sempat dipakainya dan disisakan yang rencananya akan dikonsumsi bersama dengan KSY. 

“Kedua tersangka kemudian tangkap dan dibawa ke Mapolres OKU Timur guna proses hukum lebih lanjut. Tersangka dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 jo pasal 132 ayat 1 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun hukuman penjara,” pungkasnya. (Jeff)