Antisipasi Lonjakan Kasus Covid 19 di OKU Timur, Ini Langkah yang Dilakukan Enos

OKU Timur, WR — Untuk mengantisipasi lonjakan kasus warga yang terpapar covid 19, Bupati OKU Timur H Lanosin ST didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Perkim meninjau Rumah Susun Sewa (Rusunawa), Selasa (13/07/2021).

 

Rusunawa untuk ASN yang dibangun Kementerian PUPR ini terletak di Desa Kota Baru Selatan Martapura.

 

Bupati OKU Timur H Lanosin ST yang akrab disapa Enos ini mengatakan, melihat kondisi gedung cukup layak dijadikan gedung persiapan menampung warga yang terpapar Covid-19 jika di OKU Timur ada lonjakan.

 

“Jika OKU Timur mengalami lonjakan kasus Covid-19, sedangkan kondisi kamar di Rumah sakit penuh maka rusun ini kita jadikan alternatif untuk isolasi warga yang terpapar Covid-19,” katanya.

 

Namun kata Bupati melinial ini, aset rusun ini masih milik Kementerian PUPR, kendati itu dirinya memerintahkan Kadin Perkim segera menyampaikan surat izin penggunaan rusun ini ke Kementerian terkait.

Baca Juga :
HM Kholid Mawardi dilantik sebagai ketua PMI OKU Timur

 

Menurut Enos melihat setiap kamar fasilitasnya sudah bagus, ada kamar mandi, tempat tidur, kursi dan lemari.

 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zaenal Abidin mengatakan, selain untuk menampung pasien Covid-19, rusun ini rencananya akan kita jadikan tempat istirahat para tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19.

 

Jika ini disetujui nanti pihaknya akan menempatkan Nakes yang ada di OKU Timur untuk bertugas disini. Saat ini pihaknya menunggu surat persetujuan dari Kementerian PUPR yang nantinya akan di urus oleh Dinas Perkim.

 

“Untuk bangunan layak, tinggal kita menyiapkan sarana dan prasarana pendukungnya. Rencana kita untuk isolasi pasien Covid-19 itu di lantai bawah sedangkan di atas untuk para nakes,” ujarnya.

Baca Juga :
Lahat Masuk Zona Merah, Kadisdag Sumsel Sosialisasi Perekonomian

 

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman OKU Timur Danan Rachmat mengatakan, rumah susun untuk ASN ini dibangun oleh Kementerian PUPR yang diperuntukkan bagi ASN di OKU Timur, untuk saat ini memang belum diserah terimakan oleh Pihak Kementerian ke Pemda karena belum selesai menyeluruh,

 

Danan mengaku di perkiraan Agustus semua selesai menyeluruh baru diserah terimakan ke Pemda.

 

Dikatakan Danan hari ini pihaknya segera mengirimkan surat izin penggunaan rumah susun ini ke Balai Besar Perumahan dan Pemukiman Kementerian PU wilayah Sumsel.

 

“Rusun ini ada 45 pintu dengan tiga tingkat, dalam setiap pintu ada 2 kamar lengkap dengan lemari mejah makan dan fasilitas kamar mandi didalam,” ujarnya. (Jeff)