Alex Noerdin dan HM Kholid MD Hadiri Darma Santi di Karang Menjangan

WartaRepublika.Com, OKU Timur – Bupati OKU Timur Kholid Mawardi bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri acara Dharma Santi yang merupakan rangkaian perayaan Nyepi yang dilaksanakan di Desa Karang Menjangan, Kecamatan Semendawai Timur, Sabtu (14/4).

Kholid dalam sambutannya mengatakan dengan keberagaman agama yang ada di Kabupaten OKU Timur sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan penghayatan dan pengamalan keagamaan serta mendorong semangat membangun daerah lebih baik.

“Saya atas nama Pemkab OKU Timur mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1940 semoga Dharma Santi ini dapat memberikan kemanfaatan bagi umat Hindu pada khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya,” katanya.

Didepan Gubernur Sumsel dan ribuan umat hindu yang hadir, Kholid juga mempromosikan kegiatan Festival Jerami dengan memanfaatkan limbah jerami agar memiliki nilai ekonomis melalui sebuah karyaseni yang akan digelar Pemkab OKU Timur pada bulan Agustus mendatang dengan.

“Kita harapkan melalui kegiatan festival patung jerami ini bisa mendongkrak gairah wisata di tempat kita,” ujarnya.

Terkait pembangunan jalan provinsi di OKU Timur yang sudah dalam proses pengerjaan, Kholid berharap, pembangunan jalan tersebut bisa cepat selesai dilaksanakan secara keseluruhan.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Sumsel khususnya bapak Gubernur yang telah mengangarkan dana perbaikan jalan di OKU Timur sehingga diharapkan nantinya jalan tersebut bagus dan bisa dinikmati oleh masyarakat,” harapnya.

Sementara, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, dalam membangun daerah diperlukan empat syarat, salah satunya daerah itu harus kondusif dan Provinsi Sumatera Selatan sejak tahun 2008 hingga saat ini belum pernah dan kita harapkan tidak akan pernah terjadi kerusuhan antar etnis maupun antar umat beragama di 17 kabupaten/kota.

“Kita pasang badan untuk itu sejak tahun 2008 saat saya menjabat sebagai gubernur, demo boleh karena diizinkan oleh undang-undang dan inilah cermin untuk menjaga kerukunan di Sumatera Selatan,” katanya.

Alex juga menambahkan, Provinsi Sumatera Selatan sudah dikenal di manca negara karena zero konfliknya dan ini dibuktikan dengan dipercaya Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games.

“Ini sebuah perjuangan panjang, kita bukan hanya membangun fisik saja, tapi juga membangkitkan usaha rakyat,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu juga, Alex menanggapi rencana Pemkab OKU Timur yang akan menggelar Festival Jerami pertama kalinya sebagai tujuan destinasi wisata kreatif yang akan menarik orang luar untuk datang ke Provinsi Sumsel

“Karena ini kegiatan positif tentu sudah selayaknya didukung. Terlebih festival jerami ini menjadi salah satu distinasi wisata yang sangat bagus. Jika Palembang ada jerami sudah saya tarik ke Palembang, namun karena yang ada jerami di OKU Timur sehingga dilaksanakan di OKU Timur, Pemprov mendukung penuh,” pungkasnya.

Dharma santi merupakan salah satu bagian dari ajaran agama Hindu sebagai bagian dari aktualisasi ajaran weda. Kegiatan ini diwujudkan dengan menjalin kebersamaan antar umat Hindu dalam bentuk dharma wecana, diskusi maupun saling mengunjungi. (ADV)