OKU Timur, Wartarepublika.com –  Workshop Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa di Kabupaten OKU Timur tahun 2020, telah resmi dibuka oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos.,MSI. Kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Provinsi (BPKP) Sumatera Selatan. Kamis, (12/11/2020) di Balai Rakyat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) OKU Timur, 

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi dalam sambutannya mengatakan, workshop ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan kapasitas dan penyelarasan pemahaman antara pemangku kebijakan, stake holders, dan pemerintah desa, khususnya dalam pelaksanaan penggunaan dana desa.

Kholid Mawardi menyambut baik kegiatan ini, di mana diharapkan melalui worshop ini terwujudnya pengelolaan dana desa yang transparan dan efektif.

“Dengan adanya workshop ini kita berharap  bisa menambah wawasan dan ilmu untuk kepala desa dan perangkatnya agar bisa lebih baik lagi dalam mengelola keuangan desa di tengah pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Baca Juga :   HM Kholid Mawardi dilantik sebagai ketua PMI OKU Timur

Bupati mengatakan, prioritas penggunaan dana desa diarahkan untuk program kegiatan percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) desa.

Pencapaian ini bertujuan untuk pemulihan ekonomi berskala nasional sesuai kewenangan desa dan program prioritas nasional sesuai kewenangan desa serta adaptasi kebiasaan baru desa.

Selain itu, dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, Pemkab OKU Timur melalui desa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sesuai amanat Permendes Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dan BLT APBD OKU Timur tahun 2020.

“Berkat dukungan dan pendampingan secara berkesinambungan kepada kecamatan dan desa, sehingga dalam pelaksanaan penyaluran BLT dana desa dapat berjalan secara cepat, efektif, dan tepat sasaran,” kata Kholid.

Baca Juga :   Bupati OKU Timur Pimpin Upacra Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73

Worshop yang menerapkan protokol kesehatan mengambil tema ‘Pengelolaan Dana Desa yang Cepat, Tepat, dan Terpadu Sebagai Upaya Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19’ diikuti sebanyak 305 kepala desa dari 20 kecamatan di Kabupaten OKU Timur.

Adapun narasumber workshop ini anggota Komisi XI DPR RI, Hj Percha Leanpuri, Bbus, Mba, Kasubdit Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI, Dra Farida Kurnianingrum, MM, Kepala BPKP Sumsel, Tri Handoyo serta Kanwil Dirjen Perbendaharaan Sumsel, Tauhid.

Hadir dalam workshop ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU Timur Rusman, Forkopimda Kabupaten OKU Timur, OPD Kabupaten OKU Timur serta sejumlah kepala desa di kabupaten OKU Timur.

Facebook Comments