350 Personel Gabungan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Wartarepublika.com, OKU Timur – Guna terselenggaranya Perayaan Natal dan tahun baru yang bersamaan dengan libur sekolah dapat berlangsung aman, nyaman dan lancar, Polres OKU Timur menggelar Apel Pasukan Operasi “Lilin 2017”. Tampak personel Apel diikuti TNI, POLRI, Dishub, POL PP, Damkar, Senkom TCR dan Petugas Kesehatan. Kamis, (21/12). bertempat di Mapolres OKU Timur.


Dalam amanat Kapolri yang di bacakan langsung Kapolres OKU Timur, AKBP Irsan Sinuhaji S.IK menegaskan, beberapa ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang perlu diantisipasi diantaranya, masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas haga kebutuhan pokok, serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Natal seperti aksi sweeping oleh ormas.


“Untuk itu Polri didukung TNI serta Stakholder lainnya dapat menjamin kelancaran arus lalu lintas, ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, sehingga dapat mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok,” papar Kapolres.


Kapolres melanjutkan, Operasi lilin ini terhitung mulai 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Dalam operasi ini harus mengedepankan preventif yang didukung intelijen dan penegakan hukum. Hendaknya operasi ini dapat menjamin kenyamanan dan keamanan Masyarakat sepanjang libur Natal dan tahun baru, khususnya di tempat ibadah, jalan perlintasan arus mudik, objek wisata serta tempat lainnya.


Usai menyampaikan amanat ini, di hadapan sejumlah wartawan Kapolres menyebutkan, untuk jumlah personel gabungan pengamanan Natal dan tahun baru di OKU Timur berjumlah sekitar 350 personel gabungan, yang terdiri dari TNI, POLRI, Petugas Dishub, POL PP, Damkar, Senkom, TCR dan Petugas Kesehatan. Terkait perayaan Nataru yang  bersamaan pada libur panjang ini Dirinya menghimbau bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan dalam berlalu lintas agar berhati-hati dalam mengendarai. Jika letih atau lelah saat mengendara agar kiranya untuk beristirahat di pos yang telah disediakan dan Polsek ataupun koramil terdekat.


“Untuk di OKU Timur ada 2 Pos pengamanan Nataru, 1 di lampu merah Tanjung kemala kecamatan Martapura dan satunya di wilayah Belitang, intinya kita berharap Perayaan Natal dan tahun baru 2018 ini berlangsung aman, nyaman, lancar kondusif. Aktivitas masyarakat pun berlangsung normal,” imbuhnya. (Jeff)